Eggi-Sudjana
Eggi Sudjana. (foto: detik/Rengga Sancaya)

harianpijar.com, JAKARTA – Politikus Partai Amanat Nasional (PAN) Eggi Sudjana membuat manuver sensasional mengenai Pilpres 2019. Dirinya menyentil Ustaz Abdul Somad (UAS) yang menolak menjadi cawapres Prabowo Subianto.

“UAS kalau nolak (jadi cawapres) kufur nikmat,” sebut Eggi Sudjana saat diskusi ‘Ijtima Ulama: Politik Agama atau Politisasi Agama?’ di D’Hotel, Jalan Sultan Agung, Jakarta Selatan, Rabu, 8 Agustus 2018.

Eggi Sudjana mengaku tetap menghargai pilihan UAS yang ingin terus berdakwah. Namun, dirinya memandang sudah saatnya UAS mengambil posisi di pemerintahan.

“Dia ingin tetap berdakwah itu bagus, tapi efektif mana kalau dia wapres terus dakwah efektif mana? Daripada sekarang dakwah dipersekusi di mana-mana? Kalau jadi cawapres, siapa yang berani persekusi,” ujar Eggi Sudjana.

Lebih lanjut dirinya pun memuji cara UAS menolak tawaran cawapres yang direkomendasikan Ijtima Ulama. Meski demikian, Eggi Sudjana tetap beranggapan UAS kufur nikmat jika menolak dalam rangka jihad.

“Saya akui dia menolaknya dengan bagus, tapi kalau menolak dalam konteks jihad, ini tentu kufur nikmat,” katanya.

Penolakan UAS maju di Pilpres 2019 terungkap dalam ceramah terbarunya yang diunggah ke YouTube. Jemaah merespons soal itu dengan tertawa.

“Oo… terbaca-terbaca ternyata Ustaz Somad ini ujung-ujungnya kampanye. Saya tak kampanye aja udah dipilih orang,” ujar UAS.

“Saya sampai mati jadi ustaz. Tak usah ragu, tak usah takut. Pegang cakap saya. Manusia yang dipegang cakapnya, binatang yang dipegang talinya. Kalau ada manusia tak bisa dipegang cakapnya, ikat dia pakai tali,” lanjutnya. (nuch/det)

loading...