Idrus-Marham
Menteri Sosial Idrus Marham berjabat tangan dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi). (foto: dok. setkab)

harianpijar.com, JAKARTA – Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat angka kemiskinan Maret 2018 sebesar 9,82 persen, hal itu turun dari sebelumnya 10,12 persen pada September 2017. Terkait hal itu, pemerintah terus berupaya untuk menekan lagi angka kemiskinan menjadi 9 persen di 2019 nanti.

Menteri Sosial Idrus Marham menuturkan pemerintah berkomitmen menekan angka kemiskinan menjadi 9 persen atau minimal 9,3 persen.

“Maka kami proyeksikan kita bisa tekan kemiskinan di akhir periode Presiden Jokowi sampai 9-9,3 persen. Itu kita akan lihat,” ujar Idrus Marham, Jumat, 3 Agustus 2018.

Untuk mencapai tujuan tersebut, Kementerian Sosial pun telah melakukan koordinasi dengan sejumlah Kementerian/lembaga. Seperti dengan Himpunan Bank Milik Negara (Himbara) terkait penyaluran bantuan tunai maupun non tunai dan Perum Bulog terkait bantuan beras.

“Dalam rangka capai target 9 persen atau 9,3 persen, maka kita sudah sepakat, secara bersama-sama, Himbara siap semua seluruh kelembagaan jaringan perbankan yang ada. Bulog juga perbaiki kualitas beras, sudah ada langkah Bulog,” jelas Idrus Marham.

“Belum lagi kementerian lain, Kemendes, Kementan, KKP, Kementerian Agraria, ya dan lain-lain secara bersama-sama, (Kementerian) Kesehatan, Pendidikan,” imbuhnya. (nuch/det)