Elly-Sugigi
Elly Sugigi. (foto: KapanLagi/Muhammad Akrom Sukarya)

JAKARTA, harianpijar.com – Penyanyi Tessa Mariska mengaku menjadi korban penipuan yang dilakukan oleh Artis peran dan koordinator penonton bayaran, yakni Elly Sugigi. Kasus penipuan ini berawal dari Tessa Mariska yang memberikan uang kepada Elly Sugigi sebesar 50 juta.

Tessa Mariska menuturkan, kerjasamanya dengan Elly Sugigi terjadi pada Maret 2018 lalu. Menurut Tessa Mariska, Elly Sugigi meminjam uang kepadanya untuk membayarkan jatah penonton bayaran yang dikelolanya itu.

“Jadi Elly telepon saya awal Maret lalu. Dia (Elly) ajak saya kerjasama. Dimana kerjasama itu saya diminta untuk membiayai penonton bayaran dengan dalih ada keuntungannya, karena yang saya tahu Elly pegang program di stasiun televisi,” ujar Tessa Mariska saat ditemui di Jalan Kapten Tendean, Jakarta Selatan, Rabu, 1 Agustus 2018.

Lebih lanjut, Tessa Mariska menjelaskan secara rinci bahwa dua hari setelah ajak kerjasama, Elly Sugigi menghubunginya untuk meminta dikirimkan uang kerjasamanya tersebut.

“Dua hari kemudian, Elly telepon saya untuk minta ditransfer uangnya. Karena dia sudah saya anggap penting, saya bela-belain untuk transfer,” katanya.

“Seminggu kemudian, saya lagi di luar negeri, dia telepon saya untuk minta di transfer lagi. Saya bela-belain malam-malam pinjam uang teman saya dan saya transfer lagi. Sebulan di Maret itu saya transfer terus,” imbuhnya.

Selain itu, kata Tessa Mariska, Elly Sugigi menjadikan dirinya manajer untuk menerima tawaran akting dalam sebuah sinetron stripping.

Saat itu, Elly Sugigi berdalih bahwa honornya harus dibayarkan dulu oleh manajer sebagai jaminan, yang nantinya akan dilunasi oleh pihak rumah produksi.

“Jadi dia telepon saya menunjukan giro yang sudah ada tanggal kapan untuk dicairkan. Yaudah saya transfer lagi ke Elly,” ungkap Tessa Mariska.

Waktu demi waktu dinantikan oleh Tessa Mariska untuk meraih keuntungannya tersebut. Namun, Elly Sugigi pun tidak memberikan komisi yang seharusnya didapatkannya itu.

“Mei dia enggak bayar. Juni saya diamkan. Sampai awal Juli, kok Elly enggak transfer ke saya soal keuntungan kerjasama. Katanya belum cair uangnya. Tapi saya tahu, dia lagi senang-senang liburan sama orang di Bali. Kan saya heran,” sebutnya.

Karena belum ada tanggapan lebih jelas dari Elly Sugigi, Tessa Mariska pun melaporkan kepada kuasa hukumnya, Firdaus Oiwobo. Tessa Mariska pun berpikir bahwa dirinya tertipu oleh Elly Sugigi.

“Setelah saya konsultasi ke kuasa hukum, saya tanya teman-temannya. Jadi memang Elly ada indikasi sering menipu teman-teman artis. Jadi yah sekarang sudah tidak ada ampun lagi. Dulu saya hanya kasihan saja sama Elly, sekarang saya menunggu uang saya kembali,” tegas Tessa Mariska.

Menurut Firdaus Oiwobo, yang juga didampingi oleh Lusy Daiva dan Tessa Mariska, perilaku Elly Sugigi ada indikasi penipuan dan penggelapan uang.

“Kalau bicara pasal, bisa dijerat dengan pasal 378 (penipuan) dan 372 (penggelapan). Karena Elly diduga melakukan penipuan dan penggelapan,” ujar Firdaus Oiwobo.

Lantaran tidak ada itikad baik dari Elly Sugigi, pihak Tessa Mariska akan memberikan somasi untuk Elly Sugigi mengembalikan uang milik Tessa Mariska dalam waktu secepatnya.

“Jika tidak, maka somasi ini akan dinaikan ke ranah hukum,” tandas Firdaus Oiwobo. (ilfan/tri)