Luhut-Binsar-Panjaitan
Luhut Binsar Panjaitan. (foto: viva/Muhamad Solihin)

DEPOK, harianpijar.com – Menko Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan menanggapi pernyataan Ketua Dewan Kehormatan PAN Amien Rais yang ingin PT Freeport Indonesia (PTFI) ditutup. Luhut Binsar Panjaitan meminta Amien Rais tidak asal bicara.

“Ya kan dia ngomong aja. Saya sih ya Pak Amien jangan asal ngomong aja, lihat dulu dong apa semudah itu menutup itu, kan nggak juga,” ujar Luhut Binsar Panjaitan kepada awak media di Auditorium Wisma Hijau, Cimanggis, Depok, Jawa Barat, Jumat, 27 Juli 2018.

Amien Rais mengatakan Freeport melakukan berbagai pelanggaran, termasuk mengemplang pajak. Terkait hal itu, Luhut Binsar Panjaitan menuturkan persoalan yang terjadi terkait Freeport harus dilihat secara jernih.

“Kalau ada pelanggaran kita perbaiki, kan nggak ada masalah, ya jadi kita memerintah. Itu tidak seperti membalikkan tangan, kita kan harus hormati peraturan perjanjian yang sudah kita buat sepuluh tahun lalu, nanti kalau kita cari-cari salah yang lalu lagi, salah kan. Nggak boleh gitu,” katanya.

Selain itu, Luhut Binsar Panjaitan juga enggan berkomentar banyak mengenai pernyataan Amien Rais yang menyebut Freeport telah banyak melakukan kejahatan kemanusiaan dan banyak warga yang sudah menjadi korban di lokasi tambang.

“Ya nggak jugalah, di mana-mana ya ada yang mati, mati itu kan biasa,” tandasnya. (nuch/det)