Screenshot_1
Informasi di Wikipedia mengenai TGB dan Luhut Binsar Panjaitan, dilihat pada Jumat, 13 Juli 2018, pukul 12.15 WIB. (foto: dok. detik)

JAKARTA, harianpijar.com – Setelah Menko Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan bercerita soal curhat Gubernur NTB TGH Muhammad Zainul Majdi atau Tuan Guru Bajang (TGB) kepada dirinya, muncul isu yang menyebut mereka berdua memiliki hubungan kekerabatan.

Anggota Badan Komunikasi DPP Partai Gerindra Andre Rosiade pun lalu mengutip laman Wikipedia yang sempat memuat informasi tersebut.

“Sudah cek di Wikipedia sebagai salah satu referensi. Ternyata di situ juga disebutkan bahwa Pak TGB dan Pak Luhut ini iparan,” ujar Andre Rosiade kepada awak media, Jumat, 13 Juli 2018.

Lebih lanjut Andre Rosiade lantas mengaitkan isu ini dengan sikap politik TGB yang menyatakan mendukung Presiden Joko Widodo (Jokowi). Dirinya menilai Luhut Binsar Panjaitan merupakan orang dekat Jokowi.

“Kalau informasi itu benar, ini mungkin jadi alasan salah satu Pak TGB mendukung Pak Jokowi. Karena kita tahu Pak Luhut adalah orang dekat Pak Jokowi yang menjadi garda terdepan membela Pak Jokowi selama ini,” kata Andre Rosiade.

Namun, dirinya mengetahui jika konten di Wikipedia bisa disunting oleh siapa saja. Karena itu, Andre Rosiade berharap ada klarifikasi dari TGB ataupun Luhut Binsar Panjaitan.

Menanggapi pernyataan Andre Rosiade, Wikipedia bahasa Indonesia langsung memberi pernyataan melalui akun Twitter resminya, @idwiki.

Bahkan, informasi yang menyebut ada hubungan saudara antara TGB dengan Luhut Binsar Panjaitan juga sudah direvisi.

“Benar bahwa kedua artikel tersebut (Muhammad Zainul Majdi dan Luhut Binsar Panjaitan) pernah disunting oleh salah satu pengguna Wikipedia yang menyatakan mereka memiliki hubungan kekerabatan,” tulis Wikipedia bahasa Indonesia.

Wikipedia menegaskan akan tetap bersikap netral dalam proses politik di Indonesia. Pihaknya juga meminta kepada masyarakat untuk melaporkan jika menemukan konten yang telah dirusak.

“Sesungguhnya ini adalah salah satu contoh dari vandalisme yang terjadi di Wikipedia dan biasanya akan ditanggapi oleh kontributor Wikipedia dengan cara memperbaiki artikelnya,” tulisnya lagi.

Andre Rosiade kemudian menanggapi Wikipedia. Dirinya meminta Wikipedia lebih berhati-hati.

“Ini jadi masukan Wikipedia agar ke depan berhati-hati untuk menyuguhkan informasi, khususnya bagi tokoh publik yang dikenal luas,” ujar Andre Rosiade. (nuch/det)

loading...