Susilo-Bambang-Yudhoyono-SBY
Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). (foto: google images/screenshot YouTube)

JAKARTA, harianpijar.com – Ketum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) memiliki syarat dalam melabuhkan dukungannya pada capres di Pilpres 2019.

Menurut Ketua DPP Partai Demokrat Jansen Sitindaon, SBY hanya akan mendukung capres yang mengamalkan Pancasila.

“Keluar syarat dari beliau hanya akan mendukung capres yang tegas dan terang posisinya mendukung dan mengamalkan penuh Pancasila,” ujar Jansen Sitindaon dalam keterangan tertulisnya, Jumat, 13 Juli 2018.

Dirinya menilai syarat itu muncul karena SBY gerah melihat situasi saat ini yang terkesan menjadikan agama sebagai komoditas. Selain itu, ideologi Partai Demokrat memang sejalan dengan Pancasila.

Lebih lanjut Jansen Sitindaon pun menegaskan, SBY tidak akan membuka kesempatan bagi ideologi lain selain Pancasila berkembang di NKRI.

“Persis seperti ideologi Partai Demokrat yang beliau ciptakan: nasionalis-religius. Berdiri di atas dan melindungi semua golongan,” jelasnya.

Jansen Sitindaon mengatakan, hal yang sama juga dijalankan SBY selama menjabat sebagai Presiden ke-6 RI. Dirinya menilai, SBY mampu menyejukkan situasi pemerintahan selama memimpin dua periode.

Jansen Sitindaon lantas membandingkan masa pemerintahan SBY dengan pemerintahan saat ini.

“Pak SBY ini kan tentara. Merah-Putih sejati, ya. Selama jadi presiden pun semua golongan, agama, dan ras apa pun kan nyaman hidup di bawah pemerintahan beliau,” ungkapnya.

“Adem situasi 10 tahun beliau (SBY) memerintah dan tidak mengeras seperti saat ini,” tambah Jansen Sitindaon. (ifan/det)

BAGIKAN
BERITA PILIHAN SPONSOR