Andre-Rosiade
Andre Rosiade. (foto: google images)

JAKARTA, harianpijar.com – Partai Gerindra memiliki dugaan baru terkait dukungan TGH Muhammad Zainul Majdi atau Tuan Guru Bajang (TGB) kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi). Dukungan TGB dituding dilatarbelakangi informasi yang tercantum di laman Wikipedia.

Menurut Anggota Badan Komunikasi DPP Partai Gerindra Andre Rosiade, TGB merupakan ipar Menko Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan. Hal itu dirinya nyatakan setelah mengecek Wikipedia.

“Sudah cek di Wikipedia sebagai salah satu referensi. Ternyata di situ juga disebutkan bahwa Pak TGB dan Pak Luhut ini iparan,” ujar Andre Rosiade kepada awak media, Jumat, 13 Juli 2018.

Screenshot_1
Informasi di Wikipedia mengenai TGB dan Luhut Binsar Panjaitan, dilihat pada Jumat, 13 Juli 2018, pukul 12.15 WIB. (foto: dok. detik)

Andre Rosiade mengatakan informasi itu sebagai fakta. Menurutnya, dukungan TGB kepada Jokowi itu berlandaskan emosi.

“Sebenarnya ini kan ranah pribadi. Tapi karena masyarakat terkejut dengan sikap politik Pak TGB yang tiba-tiba berubah arah, ternyata kalau melihat ‘periparan’ ini, mungkin kita bisa memaklumi. Ternyata di balik alasan rasional yang disampaikan Pak TGB berulang kali, kita menemukan ada alasan emosional,” kata Andre Rosiade.

“Kalau informasi itu benar, ini mungkin jadi alasan salah satu Pak TGB mendukung Pak Jokowi. Karena kita tahu Pak Luhut adalah orang dekat Pak Jokowi yang menjadi garda terdepan membela Pak Jokowi selama ini,” imbuhnya.

Meski demikian, Andre Rosiade berharap ada klarifikasi dari TGB dan Luhut Binsar Panjaitan. Karena, dirinya mengakui Wikipedia merupakan situs terbuka yang memungkinkan semua orang untuk melakukan penyuntingan.

“Soal informasi ini benar atau tidak, kita butuh klarifikasi resmi dari Pak TGB dan Pak Luhut supaya tidak muncul fitnah dan tuduhan. Tapi kalau ini benar, berarti bisa menjawab pertanyaan publik kita semua,” ujar Andre Rosiade.

Screenshot_2
. (foto: dok. detik)

Sementara itu, menurut informasi yang beredar, laman profil Luhut dan TGB belum lama ini telah disunting atau diedti. Namun, memang belum jelas siapa pihak yang melakukan penyuntingan tersebut. (nuch/det)

BAGIKAN
BERITA PILIHAN SPONSOR