Lalu-Muhammad-Zohri
Lalu Muhammad Zohri. (foto: twitter/iaaforg)

PALEMBANG, harianpijar.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) merasa bangga dengan prestasi yang dicapai Lalu Muhammad Zohri, sang peraih medali emas di Kejuaraan Dunia Atletik U-20 kategori lari 100 meter di Tampere, Finlandia.

Jokowi mengaku dirinya akan segera mengundang sprinter asal NTB itu ke Istana.

“Nanti saya sudah (undang ke Istana), kalau nggak Sabtu, Senin. Tadi pagi saya perintahkan ke Menteri PU sebagai ungkapan rasa bangga masyarakat Indonesia, saya perintah untuk bangun rumah Zohri,” kata Jokowi setelah membagikan sertifikat tanah di Benteng Kuto Besak, Palembang, Sumatera Selatan, Jumat, 13 Juli 2018.

Lebih lanjut Jokowi mengatakan, apa yang dicapai oleh Lalu Muhammad Zohri adalah kebanggaan bangsa Indonesia. Dirinya juga sudah meminta agar rumah Lalu Muhammad Zohri direnovasi.

“Tadi pagi sudah saya perintahkan ke Menteri PU untuk ke Lombok, ke rumah Zohri, untuk dibangun rumahnya,” jelasnya.

Untuk diketahui, di Kejuaraan Dunia Atletik U-20 di Finlandia itu, Lalu Muhammad Zohri berhasil mencatatkan waktu 10,18 detik.

Dengan hasil itu Lalu Muhammad Zohri mengalahkan dua pelari asal Amerika Serikat, Anthony Schwartz dan Eric Harrison, yang sama-sama mencatatkan waktu 10,22 detik.

Pencapaian Lalu Muhammad Zohri sendiri merupakan sejarah baru dalam dunia atletik Indonesia.

Sebelumnya, prestasi terbaik atlet Indonesia untuk nomor lari 100 meter di Kejuaraan Dunia Atletik U-20 adalah finis kedelapan di babak penyisihan pada 1986 silam. (nuch/det)

loading...