Jenderal-Tito-Karnavian
Kapolri Jenderal Tito Karnavian. (foto: Dok. Setkab)

JAKARTA, harianpijar.com – Ketua DPR Bambang Soesatyo (Bamsoet) berharap Kapolri Jenderal Tito Karnavian netral dalam eskalasi perpolitikan yang berkembang di Tanah Air. Apalagi, di 2019, Indonesia akan menjalankan pemilihan presiden.

“Kami berharap Kapolri tetap dalam posisi yang netral dalam politiknya, dan berada dalam semua golongan politik yang ada,” kata Bamsoet seusai menghadiri HUT Bhayangkara ke-72 di Istora Senayan, Jakarta, Rabu, 11 Juli 2018.

Lebih lanjut Bamsoet mengatakan, dalam pelaksanaan pesta demokrasi, Polri harus fokus untuk mewujudkan keamanan dan ketertiban masyarakat, daripada sibuk terlibat dalam politik praktis.

Karena, menurutnya, di beberapa wilayah Indonesia masih ditemukan potensi kerawanan yang terjadi ketika pemilu itu dilaksanakan.

Untuk itu, Bamsoet berharap semua jajaran kepolisian bisa bersikap profesional dalam menjalankan peran dan fungsinya sebagai aparat penegak hukum.

“Maksudnya harapan kami Polri tetap terus menjaga ketertiban dan keamanan. Daerah rawan jelang Pileg dan Pilpres 2019,” ujarnya.

Selain itu, menurut Bamsoet, kalau Polri terlibat dalam politik praktis di Pemilu 2019, maka segala torehan prestasi yang diraih Polri akan hancur seketika di mata masyarakat. Apalagi sejauh ini, Polri sudah mengalami peningkatan dalam kepercayaan publik. (nuch/jpn)

BAGIKAN
BERITA PILIHAN SPONSOR