Ahok
Basuki Tjahaja Purnama (Ahok). (foto: instagram/basukibtp)

JAKARTA, harianpijar.com – Mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) sebenarnya bisa mendapatkan pembebasan bersyarat pada Agustus mendatang. Namun, dirinya lebih memilih menyelesaikan hukumannya selama 2 tahun di dalam penjara.

“Beliau sebenarnya bisa PB (pembebasan bersyarat) pada bulan Agustus, namun sampai saat ini sepertinya beliau ingin bebas murni,” ujar Dirjen PAS Sri Puguh Budi Utami seperti dilansir dari detik, Kamis, 12 Juli 2018.

Kuasa hukum Ahok, I Wayan Sudirta, mengaku tidak ingin urusan bebas Ahok baik secara bebas bersyarat maupun bebas murni menjadi polemik. Dirinya menilai, Ahok adalah orang yang taat hukum sehingga akan menjalani hukuman itu sepenuhnya.

“Pak Ahok ini orang taat hukum. Apa pun yang ada di peraturan dia taati. Yang ingin disampaikan pengacara agar peraturan yang sudah ada itu dijalankan terus selama peraturan itu bersikap adil,” tutur I Wayan Sudirta.

Di sisi lain, kakak angkat Ahok, Nana Riwayatie mengungkapkan soal alasan Ahok memilih bebas murni. Menurutnya, Ahok sedang menyelesaikan buku yang ditulisnya di dalam penjara. Bagi Ahok, buku itu lebih penting daripada urusan bebas bersyaratnya.

“Riskan aja, mending dia selesaikan tulisannya dan membalas surat-surat Ahokers,” ungkap Nana Riwayatie saat dihubungi secara terpisah.

“Iya itu penting katanya,” imbuhnya.

Sedangkan, adik Nana Riwayatie yang juga kakak angkat Ahok, Andi Analta Amir, sempat memperkirakan kapan Ahok akan bebas murni. Menurut hitung-hitungannya, Ahok akan bebas murni pada Januari 2019.

Lebih lanjut, terkait apa yang akan dilakukan Ahok setelah bebas nantinya. Nana Riwayatie menyebut kemungkinan Ahok akan kembali mengelola bisnisnya.

“Setelah bebas, beliau mau ngurusin bisnisnya,” kata Nana Riwayatie.

Dirinya menambahkan, Ahok kemungkinan juga akan menikah lagi. Sedangkan terkait urusan Ahok terjun ke politik lagi, Nana Riwayatie mengaku tidak tahu apa keputusan adiknya nanti.

“Terus menikah lagi dan mau sibuk lagi ya. Nggak tahu kalau ke politik lagi, mau apa nggak,” pungkasnya. (nuch/det)

loading...