Kopassus
Ilustrasi prajurit Kopassus. (foto: dok. sindonews)

JAKARTA, harianpijar.com – Purnawirawan Kopassus baru saja mendeklarasikan dukungannya kepada Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto untuk maju sebagai capres di Pilpres 2019. Kopassus menegaskan pihaknya tak terkait dengan acara tersebut.

“Purnawirawan sudah keluar dari kita, sudah tidak ada hubungan dengan Kopassus,” kata Kapen Kopassus Letkol Inf Rudi Firmansyah saat dihubungi, Sabtu, 7 Juli 2018.

Letkol Inf Rudi Firmansyah menegaskan prajurit Kopassus netral dalam urusan politik. Dirinya memastikan deklarasi purnawirawan tersebut tak ada hubungannya dengan korps baret merah itu.

“Kami semua netral, satu pimpinan tertinggi kami, panglima TNI dan presiden, jadi nggak ada hubungan dengan kami,” sebutnya.

Soal dukungan purnawirawan Kopassus untuk Prabowo Subianto, Letkol Inf Rudi Firmansyah mengatakan itu sebagai ranah pribadi. Purnawirawan bukan lagi prajurit dan sudah berstatus sipil.

“Itu pure pribadi masing-masing. Kalau kita diam. Kita tegak terus ke pemerintah,” ujar Letkol Inf Rudi Firmansyah.

Sebelumnya, sekelompok orang yang mengatasnamakan Purnawirawan Kopassus Se-Indonesia menyatakan dukungan kepada Prabowo Subianto untuk Pilpres 2019.

Acara deklarasi yang dihadiri langsung oleh Prabowo Subianto itu digelar di GOR Ciracas, Jakarta Timur, hari ini.

Sebagaimana diketahui, Prabowo Subianto sendiri pernah menjabat Danjen Kopassus saat masih aktif di TNI. Pangkat terakhirnya adalah letnan jenderal dan merupakan mantan Pangkostrad. (nuch/det)

loading...