Moeldoko
Moeldoko. (foto: dok. KSP)

JAKARTA, harianpijar.com – Pihak Istana Kepresidenan tak mau masuk dalam polemik PKPU yang melarang mantan koruptor maju sebagai caleg di Pemilu 2019. Pasalnya, menurut Kepala Staf Presiden (KSP) Moeldoko, KPU merupakan lembaga independen, sehingga aturan yang ditetapkan KPU menjadi sebuah kebijakan mandiri.

“Kalau KPU sudah menentukan seperti itu, itu menjadi kiblat bagi semuanya karena pemerintah tidak bisa mendikte, mengintervensi dan seterusnya. Kuncinya di situ,” kata Moeldoko di kantornya, Gedung Bina Graha Jakarta, Senin, 2 Juli 2018.

Lebih lanjut Moeldoko mengatakan, sebagai lembaga independen, KPU memiliki aturan main yang terisolasi. Dalam posisi itu, intervensi pemerintah harus dihindari.

Sementara, saat disinggung soal keengganan Menkumham Yasonna Laoly mengundangkan PKPU tersebut, Moeldoko juga tak mau mengomentari hal itu. Dirinya menyarankan agar bertanya langsung ke Menkumham.

“Itu, saya enggak bisa menjawab karena itu sangat teknis. Teman-teman tanya ke Menkumham,” ujarnya.

Meskipun demikian, Moeldoko tetap mengimbau agar polemik terkait PKPU ini segera diselesaikan supaya tidak menggantung dan ada kepastian. (nuch/jpn)

BAGIKAN
BERITA PILIHAN SPONSOR