Sekretaris Jenderal (Sekjen) Partai Amanat Nasional Eddy Soeparno.

JAKARTA, harianpijar.com – Terkait dengan pendeklarasian yang dilakukan oleh Koalisi Umat Madani (KUM) yang mendukung dan meminta Ketua Dewan Kehormatan Partai Amanat Nasional (PAN) Amien Rais menjadi calon presiden dalam Pilpres 2019 mendatang, dinilai sebagai bentuk apresiasi terhadap sosok Amien Rais.

“PAN menghargai kepercayaan masyarakat terhadap figur pendiri PAN sebagai capres dan melihat itu sebagai bentuk apresiasi,” kata Sekretaris Jenderal (Sekjen) Partai Amanat Nasional (PAN) Eddy Soeparno kepada media, Sabtu, 30 Juni 2018.

Menurut Eddy Soeparno, Partai Amanat Nasional (PAN) masih mengusung nama Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan sebagai calon presiden (Capres) dalam pemilihan presiden (Pilpres) 2019. Karna, hal itu sesuai amanat Rakernas PAN di Bandung pada 2017 lalu.

“Namun konstelasi politik mutakhir, termasuk pilkada serentak akan sangat mempengaruhi sikap dan posisi PAN dalam Pilpres,” ujar Eddy Soeparno.

Lebih lanjut, ditegaskan Eddy Soeparno, dirinya enggan berandai-andai apakah PAN akan mengubah figur capresnya atau tidak. Bahkan, dirinya masih berpatokan kepada hasil Rakernas PAN pada 2017.

“Jika ada perubahan politik yang mengubah keputusan tersebut, akan kita kaji dan putuskan di Rakernas 2018 bulan Juli,” tegas Eddy Soeparno.

Sementara diketahui, Koalisi Umat Madani (KUM) mendeklarasikan dukungannya kepada Ketua Dewan Kehormatan Partai Amanat Nasional (PAN) Amien Rais sebagai calon presiden dalam Pilpres 2019 mendatang. Bahkan, mereka meminta dan mendukung Amien Rais sebagai calon presiden (Capres) untuk memimpin pemerintahan selanjutnya. [elz/met]

SUMBERMetro
BAGIKAN
BERITA PILIHAN SPONSOR