Yusril-Ihza-Mahendra-1
. (foto: Antara Foto/Akbar Nugroho Gumay)

JAKARTA, harianpijar.com – Partai Bulan Bintang (PBB) tak sepakat dengan Koalisi Umat Madani (KUM) yang menyebut kemenangan Mahathir Mohamad di pemilu Malaysia jadi inspirasi pencapresan Amien Rais. PBB mengungkit kekalahan Amin Rais pada Pilpres 2004 lalu.

“Saya merasa KUM terlalu terburu-buru dan tidak rasional mengusung Pak Amien Rais tanpa melihat hasil survei dan kegagalan pada pencapresan yang lalu. Berharap seperti Tun Mahathir sih boleh, tapi apa iya bisa disamakan? Saya kira tidak sama sekali,” kata Ketua Bidang Pemenangan Presiden PBB Sukmo Harsono kepada awak media, Sabtu, 30 Juni 2018.

Menurut Sukmo Harsono, KUM tidak bijak karena ‘mencuri start’. Padahal, partai politik yang tergabung dalam koalisi keumatan masih menunggu hasil konsultasi dengan imam besar Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab.

“(Sikap) Koalisi Umat Madani, yang lebih dahulu mencalonkan Pak Amien Rais sebagai capres, adalah tindakan memecah koalisi keumatan yang digagas Habib Rizieq dan PA 212 serta GNPF,” ujar Sukmo Harsono.

Sebelumnya, KUM mengatakan deklarasi Amien Rais sebagai capres terinspirasi dari kemenangan Mahathir Mohamad. Menurutnya, kemenangan itu karena dukungan umat.

“Kemenangan Mahathir yang didukung koalisi umat di Malaysia menjadi inspirasi umat dan rakyat bangsa Indonesia. Sebab, fenomena Mahathir yang berusia 93 tahun mampu menumbangkan Najib selaku petahana walaupun didukung dana besar dan kekuasaan yang berkolaborasi dengan kekuatan asing (China),” kata Ketua Umum KUM Letjen (Purn) Syarwan Hamid saat deklarasi, hari ini. (nuch/det)

loading...