Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan.

JAKARTA, harianpijar.com – Partai Amanat Nasional (PAN) mengatakan hasil pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak 2018, tentu akan berpengaruh kepada pemilihan presiden (Pilpres) 2019 mendatang.

“Tentu akan berpengaruh, tergantung kombinasi capresnya dan partai pendukungnya seperti apa,” kata Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan saat dikonfirmasi, di gedung parlemen, Jakarta, Kamis 28 Juni 2018.

Menurut Zulkifli Hasan, hasil pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak 2018 juga merupakan salah satu faktor pengaruh penentuan koalisi di pemilihan presiden (Pilpres) 2019.

“Jadi kan banyak faktor. Pilkada kemarin menunjukkan bahwa figur itu penting,” ucap Zulkifli Hasan.

Lebih lanjut, ditegaskan Zulkifli Hasan, boleh saja tidak suka dengan partai. Namun, kalau menyukai figurnya, orang akan tetap memilih tanpa melihat asal partainya.

“Jadi, figur itu menentukan,” tegas Zulkifli Hasan yang juga Ketua MPR ini.

Selanjutnya, Zulkifli Hasan juga menjelaskan, pelajaran berharga yang bisa dipetik adalah bahwa calon yang diinginkan rakyat dan diputuskan partai harus sejalan.

“Tidak bisa juga mencalonkan wah saya partai besar jadi semau-maunya saya. (Itu) ditolak sama rakyat sekarang, dan itu pelajaran penting,” jelas Zulkifli Hasan.

Sementara, dikatakan Zulkifli Hasan, dirinya mengapresiasi rakyat Indonesia khususnya di 171 wilayah yang menggelar pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak. Karena, pilkada serentak 2018 ini bisa berjalan aman, tertib dan berhasil. Bahkan, dirinya juga mengapresiasi penyelenggara pemilu, yang bekerja sungguh-sungguh.

“Tentu ini kemenangan demokrasi, kemenangan Indonesia, dan kemenangan rakyat Indonesia,” ujar Zulkifli Hasan.

Sementara, menurut Zulkilfi Hasan, PAN adalah partai yang konsisten membela umat dan rakyat. Karena, itu menjadi dasar bagi PAN mengambil keputusan dalam pilkada serentak.

“Terima dipercaya di 10 tempat bersama-sama partai lain untuk mengemban tugas mewujudkan kabupaten/kota dan provinsinya,” kata Zulkifli Hasan.

Selain itu, diucapkan Zulkifli Hasan, dirinya berpesan kepada yang terpilih agar menunaikan janji dengan sungguh-sungguh. Karena, sudah tidak zaman lagi menjadikan kekuasaan sebagai jalan mengejar kekayaan.

“Itu sudah bukan masanya lagi. Tapi, berkuasalah sungguh-sungguh untuk rakyat sebaik-baiknya agar ada perubahan, kemajuan, kesejahteraan. Penuhilah janji-janji,” tandas Zulkifli Hasan. [elz/jpnn]

SUMBERJPNN
BAGIKAN
BERITA PILIHAN SPONSOR