Jazilul-Fawaid
Jazilul Fawaid. (foto: Era/Bagaskara)

JAKARTA, harianpijar.com – Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) akan tetap mengusung pasangan Joko Widodo (Jokowi) dan Muhaimin Iskandar (Cak Imin) di Pilpres 2019. Menurut Wakil Sekjen PKB Jazilul Fawaid, partainya juga akan berusaha membangun koalisi pilpres yang permanen.

“2019 PKB berkeinginan kalau membangun koalisi di Pilpres, itu pakem dengan semua program dan sampai di ujung, tidak berganti-ganti,” ujar Jazilul Fawaid di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis, 28 Juni 2018.

Dirinya menilai koalisi permanen bisa membuat semua proses menjadi lebih mudah. Semua pembahasan dibicarakan di koalisi agar bisa lebih cepat diselesaikan.

“Jadi kalau misalkan 2019 ini sebisa mungkin kalau membangun koalisi itu yang permanen. Jadi selesai di koalisi yang ada dan semua dibicarakan di koalisi dan cepat selesai,” jelas Jazilul Fawaid.

Selanjutnya, Jazilul Fawaid mengatakan hasil Pilkada Serentak 2018 tidak akan serta merta dilanjutkan pada Pilpres 2019. Karena itu, jelang pilpres, PKB akan berusaha membuat koalisi permanen.

“Kalau koalisi di tingkat bupati maupun gubernur itu tidak pernah permanen. Jadi enggak selaras dengan yang di pusat,” kata Jazilul Fawaid.

“Tetapi bahwa dari pilkada ini kita bisa melihat bahwa suara di Jawa itu yang menjadi 60 bahkan 70 persen suara nasional itu faktor isu soal agama masih signifikan,” tambahnya. (ilfan/mer)

BAGIKAN
BERITA PILIHAN SPONSOR