Ketua Umum Partai Demokrat, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

JAKARTA, harianpijar.com – Terkait dengan hasil quick count (hitung cepat) pemilihan Gubernur Jawa Barat (Pilgub Jabar) yang menempatkan pasangan Sudrajat-Ahmad Syaikhu di urutan kedua, mendapat perhatian dari dari Ketua Umum Partai Demokrat, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Pasalnya, di beberapa survei sebelumnya pasangan tersebut selalu berada di urutan ketiga.

“Mungkin bisa bertanya kepada pasangan pak Sudrajat dan pak Syaikhu, karena peningkatannya dibanding survei sebelumnya luar biasa, tanyakan pada beliau, ‘pak strateginya apa, taktiknya apa?’,” kata Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) saat dikonfirmasi, di Wisma Proklamasi, di Jakarta, Rabu 27 Juni 2018.

Menurut Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), pasangan yang diusung oleh partai Gerindra dan PKS tersebut menyalip perolehan suara pasangan calon yang diusung partainya Deddy Mizwar-Dedi Mulyadi. Karena itu, dirinya menilai ada faktor Joko Widodo (Jokowi) di balik melonjaknya dukungan untuk pasangan Sudrajat-Ahmad Syaikhu.

Bahkan, menurutnya pasangan nomor urut tiga tersebut diprediksi berhasil meraup suara dari masyarakat yang anti Joko Widodo (Jokowi).

“Ada yang mengatakan tadi katanya hari-hari terakhir pasangan Pak Sudrajat dan Pak Syaikhu ini menampilkan yang berbeda, katanya, sebelum mendapatkan kepastian. Calon-calon yang lain itu, yang didukung nanti pak Jokowi sedangkan pasangan yang itu (Sudrajat-Syaikhu) bukan pak Jokowi,” ucap Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

Selanjutnya, juga ditegaskan Susilo Bambang Yudhoyono, dirinya tidak tahu persis apakah faktor tersebut memang berpengaruh signifikan atau tidak.

“Saya tidak tau apakah itu faktor yang bagus, tampil berbeda. Kalau yang lain pasti lah calon presidennya X, nah kami bukan X, apakah itu juga akhirnya menambah suaranya? kita tidak tahu, ini informasi saya dengar hari ini. Bagus ini menurut saya, boleh ditanya ke Pak Sudrajat. Silakan mungkin ada resep dari beliau mengapa peningkatannya tajam sekali dari semua hasil survei selama ini.” tandas mantan Presiden RI ini.[elz/merd]

SUMBERMerdeka
BAGIKAN
BERITA PILIHAN SPONSOR