Anies-Baswedan
Anies Baswedan. (foto: Tempo/Hendartyo Hanggi)

JAKARTA, harianpijar.com – Wakil Ketua Majelis Syuro Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Hidayat Nur Wahid mengungkapkan soal adanya wacana untuk menjadikan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sebagai capres dari PKS pada Pilpres 2019.

Anies Baswedan rencananya akan disandingkan dengan politikus senior PKS, yang merupakan mantan Gubernur Jabar Ahmad Heryawan (Aher).

Gagasan ini berawal dari wacana memajukan Anies Baswedan sebagai cawapres untuk mendampingi Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto. Namun, Hidayat Nur Wahid menilai lebih baik Anies Baswedan sekalian dimajukan sebagai capres.

“Kader PKS berpendapat bahwa memperjuangkan Pak Anies menjadi gubernur kan bukan perjuangan main-main. Daripada beliau cawapres ya, dicapreskan saja. Capres Anies, cawapres Aher,” ujar Hidayat Nur Wahid di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Senin, 25 Juni 2018.

Meski demikian, Hidayat Nur Wahid mengatakan, ide tersebut belum dibahas di Majelis Syuro PKS secara formal. Kemungkinan, ide soal Anies Baswedan menjadi capres dari PKS akan dibahas setelah pilkada serentak digelar pada Rabu, 27 Juni 2018.

“Ini dinamika yang saya kira akan tetap menemukan jawaban akhirnya setelah pilkada 27 Juni. Karena setelah pilkada ini akan membentuk peta-peta yang relatif baru terkait daripada hasil pilkada ini,” kata Hidayat Nur Wahid.

Selain itu, Hidayat Nur Wahid menegaskan ide duet Anies Baswedan dan Aher ini bukan upaya konfrontasi terhadap gagasan duet Prabowo Subianto dan Anies Baswedan. Dirinya mengatakan, ide ini hanya sekedar dinamika politik biasa.

“Jadi bukan konfrontasi dari Gerindra yang mengusulkan Prabowo-Anies. Tapi tentu juga nggak dilarang kan kalau ada yang mewacanakan Anies-Aher. Ya biasa saja, jangan di-baperin (bawa perasaan),” ungkapnya.

Untuk bisa memajukan pasangan Anies Baswedan dan Aher, PKS harus kerja keras. Seperti diketahui, UU Pemilu mengatur soal ambang batas pencapresan atau presidential threshold sebesar 20 persen. (ilfan/det)

BAGIKAN
BERITA PILIHAN SPONSOR