hendrawan-supratikno
Politikus Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Hendrawan Supratikno.

JAKARTA, harianpijar.com – Terkait rencana program penggalangan dana oleh Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto untuk mendukung perjuangan politiknya dan Partai Gerindra di Pilkada Serentak dan Pemilu 2019, dinilai boleh-boleh saja.

Menurut Ketua DPP Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI Perjuangan) Hendrawan Supratikno, dirinya menilai sah-sah saja jika Prabowo Subianto menggalang dana. Selama penggalangan itu dilakukan sesuai aturan yang ada.

“Boleh-boleh saja. Tak ada masalah sejauh sesuai ketentuan. Dulu ada calon lain yang pakai cara serupa,” kata Hendrawan Supratikno saat dikonfirmasi, Jumat 22 Juni 2018.

Lebih lanjut, ditegaskan Hendrawan Supratikno, meski begitu dana penyumbang akan lebih banyak diberikan pada calon yang memiliki peluang menang yang cukup besar. Bukannya pada calon yang memiliki sedikit bepeluang.

“Dalam politik, dana lebih besar biasanya mengalir kepada calon yang kans menangnya lebih besar,” tegas Hendrawan Supratikno.

Sementara diketahui, Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto mengumumkan program penggalangan dana untuk mendukung perjuangan politiknya dan Partai Gerindra di Pilkada dan Pemilu Serentak 2019. Bahkan, pengumuman itu disampaikan Prabowo Subianto melalui akun facebook pribadinya pada Rabu 21 Juni 2018 kemarin.

Dalam pengumumannya, Prabowo Supratikno mengatakan sistem ekonomi saat ini membuat biaya politik menjadi tinggi. Hal ini membuat banyak calon-calon pemimpin yang mencari penyandang dana. Padahal, belum tentu penyandang dana itu memiliki kesetiaan untuk bangsa dan negara Indonesia.

“Saya merancang suatu program pencari dana dari rakyat langsung dari pendukung-pendukung saya dan pendukung Gerindra. Saudara-saudara saya namakan program ini program galang perjuangan,” kata Prabowo Subianto. (elz/merd).