Presiden Joko Widodo (Jokowi).

JAKARTA, harianpijar.com – Direktur Eksekutif Indo Barometer M Qodari mengatakan elektabilitas Joko Widodo (Jokowi) sebagai calon presiden (Capres) 2019 mengungguli Prabowo Subianto di empat provinsi.

Selain itu, survei yang bertajuk ‘Dinamika Pilgub dan Pilpres” tersebut dilaksanakan di Jawa Barat, Jawa Tengah, Sumatera Utara, dan Sulawesi Selatan’.

Menurut M Qodari, di Jawa Barat Joko Widodo (Jokowi) berhasil unggul dengan perolehan suara 41,4% dalam simulasi head to head Jokowi versus Prabowo Subianto. Sementara itu, Prabowo mengantongi suara sebanyak 31,9%.

“Lanjut simulasi head to head, Jokowi 41,4 dan Prabowo 31,9,” kata M Qodari saat dikonfirmasi,di Hotel Harris Suites fX Sudirman, Jakarta, Rabu 20 Juni 2018.

Sementara, juga dijelaskan M Qodari, didaerah lain Joko Widodo (Jokowi) juga masih berhasil mengungguli Ketua Umum Partao Gerindra itu dalam simulasi head to head Pilpres 2019. Lain itu, di Jawa Tengah, Joko Widodo (Jokowi) unggul dengan perolehan 78,4% dan Prabowo 13,1%.

Sedangkan, di Sumut, Joko Widodo (Jokowi) berhasil berada urutan pertama dengan angka 56,6% dan Prabowo 21,1%. dan terakhir, di Sulawesi Selatan Joko Widodo (Jokowi) unggul dengan suara 29,1% dan Prabowo 21,9%.

Sel;anjut, M Qodari juga mengatakan, survei Indo Barometer di berbagai daerah ini dilakukan dalam kurun Juni 2018. Di Jabar, survei dilakukan dengan 1.200 responden dengan margin of error penelitian sebesar +- 2,83% dan tingkat kepercayaan 95%.

Di Jateng, Sumut, dan Sulsel, jumlah responden sebanyak 800 orang, dengan margin of error penelitian sebesar +- 3,46% dan tingkat kepercayaan 95%. (elz/det).

SUMBERdetik
BAGIKAN
BERITA PILIHAN SPONSOR