Amien-Rais
Amien Rais. (foto: Dok. KBN)

JAKARTA, harianpijar.com – Ketua DPP PDIP Hendrawan Supratikno meyakini ada motif di balik pernyataan Ketua Dewan Kehormatan PAN Amien Rais yang siap maju sebagai capres di Pilpres 2019.

Dirinya menduga kesiapan Amien Rais tersebut untuk mendompleng posisi tawar PAN sebagai cawapres kepada Partai Gerindra yang akan mengusung sang ketua umum, Prabowo Subianto, sebagai capres.

“Bisa saja Pak Amien menyatakan siap jadi calon supaya posisi tawar PAN, ini kan PAN, PKS lagi berebut untuk menjadi cawapres Pak Prabowo dengan Pak Amien menyatakan begitu bisa saja supaya posisi tawar PAN meningkat,” ujar Hendrawan Supratikno saat dihubungi, Senin, 11 Juni 2018.

“Jadi Pak Prabowo memilih orang PAN bukan PKS kan bisa saja kita belum jelas,” imbuhnya.

Lebih lanjut, Hendrawan Supratikno menyarankan Amien Rais harus mengumpulkan dukungan dari partai-partai terlebih dahulu guna memenuhi syarat ambang batas pencapresan sebesar 20 persen.

“20 Persen kursi di DPR berarti Pak Amien minimal menggalang dukungan dari tiga parpol, syukur-syukur empat. Nah kalau Pak Amien bisa dapat dukungan itu boleh-boleh saja maju. Nanti kita lihat rakyat yang akan menentukan,” kata Hendrawan Supratikno.

Sebelumnya, Amien Rais sudah mengungkapkan soal kesiapannya menjadi capres saat menghadiri acara buka puasa bersama di kediaman Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan.

Menurut Wakil Ketua Umum PAN Viva Yoga Mauladi, ada 3 alasan partainya serius mencapreskan Amien Rais, antara lain sebagai berikut:

1. Pak Amien memiliki integritas sebagai pemimpin nasional, cinta NKRI dan cinta rakyat Indonesia.
2. Pak Amien memiliki konsep dan kapasitas leadership dalam memimpin perjuangan bangsa Indonesia menuju pada cita-cita Nasional sesuai berdirinya Negara Republik Indonesia.
3. Pak Amien masih memiliki fisik kuat dan stamina prima dalam beraktivitas sesuai tuntutan kerja. Usia tidak menghalangi dalam menjalankan tugas pokok pekerjaan.

. (ilfan/mer)

BAGIKAN
BERITA PILIHAN SPONSOR