Pramono-Anung
Sekretaris Kabinet (Seskab) Pramono Anung. (foto: Dok. Setkab)

JAKARTA, harianpijar.com – Waktu pendaftaran capres dan cawapres untuk Pilpres 2019 sudah semakin dekat. Terkait hal itu, apakah Joko Widodo (Jokowi), yang diusung oleh beberapa partai politik sebagai capres, sudah menentukan siapa calon pendampingnya nanti.

Menurut Sekretaris Kabinet Pramono Anung, hanya Jokowi dan partai pendukungnya yang tahu soal cawapres tersebut. Dirinya menegaskan Jokowi sendiri sudah tahu siapa yang harus dipilih.

“Cawapres Pak Jokowi yang tahu adalah Pak Jokowi dan partai pendukung. Dan sekarang tentunya beliau sudah punya ancer-ancer siapa orangnya. Ya beliau yang tahu,” ujar Pramono Anung di kantornya, gedung Sekretariat Negara, Jakarta Pusat, Rabu, 6 Juni 2018.

Terkait siapa sosok yang bakal dipilih Jokowi, Pramono Anung mengatakan yang jelas sosok tersebut merupakan orang yang bisa bekerja sama dengan Jokowi. Dan jika dipasangkan, elektabilitasnya akan terus meningkat.

“Yang jelas, pokoknya yang bisa bekerja bersama dengan Pak Jokowi. Dan tentunya kalau dipasangkan bukan mengurangi elektabilitas Pak Jokowi,” kata Pramono Anung.

Seperti diketahui, masa pendaftaran capres dan cawapres untuk Pilpres 2019 akan dibuka pada 4-10 Agustus 2018. Sedangkan untuk masa kampanye, akan berlangsung dari 23 September 2018 hingga 13 April 2019.

Untuk masa tenang akan dilakukan pada 14-16 April 2019, dan dilanjutkan dengan pemungutan suara pada 17 April 2019. (ilfan/det)