Ketua Dewan Kehormatan Partai Amanat Nasional (PAN) Amien Rais.

YOGJAKARTA, harianpijar.com – Wakil Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Daerah Istimewa Yogyakarta Eko Suwanto menyesalkan sikap Ketua Dewan Kehormatan Partai Amanat Nasional (PAN) Amien Rais yang meminta Presiden Joko Widodo (Jokowi) sowan atau berkunjung ke rumahnya di Yogyakarta, hal ini mencerminkan sikap watak sombong dan angkuh.

“Pernyataan Amien Rais yang meminta orang lain, terlebih Presiden, agar sowan kepadanya itu mencerminkan sikap watak sombong dan angkuh,” kata Eko Suwanto, Jumat, 1 Juni 2018 kemarin.

Menurut Eko Suwanto, dalam komunikasi politik, silaturahmi yang selama ini dibangun Presiden Joko Widodo (Jokowi) dengan mengundang beragam tokoh, perwakilan kelompok masyarakat, pakar, dan akademikus ke Istana Negara disambut positif.

Kemudian, Presiden Joko Widodo (Jokowi) juga rajin mengunjungi tokoh-tokoh bangsa serta menemui rakyat, merangkul dan mendengarkan rakyat. Bahkan, rakyat bisa selfie dan guyon dengan Presiden. Sebagai contoh, Presiden Joko Widodo (Jokowi) bercanda dengan anak-anak yang mendapat hadiah sepeda setelah menjawab pertanyaan Presiden di berbagai acara.

“Akrab dan kadang juga lucu, menggambarkan kedekatan Presiden Jokowi dengan rakyat,” ujar Eko Suwanto.

Lebih lanjut, Eko Suwanto juga menegaskan, melalui komunikasi yang intens yang mudah diakses publik itu, pemerintah bisa menjelaskan program sekaligus mendengarkan kritik dari rakyat secara langsung. Namun, niat baik Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjalin silaturahmi itu justru ditanggapi curiga oleh manatan Ketua MPR itu.

Bahkan, dijelaskan Eko Suwanto, jika ada niat baik, silaturahmi antara Amien Rais dan Jokowi bisa dilakukan di mana saja. “Kok minta orang lain sowan kepadanya,” jelas Eko Suwanto.

Sementara sebelumnya, Ketua Dewan Kehormatan Partai Amanat Nasional (PAN) Amien Rais menyambut baik upaya pertemuan dirinya dengan Presiden Jokowi. Namun, dirinya menolak pertemuan dilangsungkan di Istana karena tak ingin isu pertemuan itu dijungkirbalikkan.

Karena itu, dikatakan Eko Suwanto, rencana pertemuan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan politikus senior Partai Amanat Nasional (PAN) Amien Rais seharusnya bisa menjadi momen dan ajang silaturahmi antar-anak bangsa.

loading...