Zulkifli-Hasan-1
Zulkifli Hasan. (foto: Dok. Istimewa)

JAKARTA, harianpijar.com – Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan membantah ibadah umrah yang dijalani Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto, Ketua Dewan Kehormatan PAN Amien Rais, dan dua elite Partai Keadilan Sejahtera (PKS) bermuatan politis. Dirinya meminta untuk tidak membuat gosip di bulan Ramadan.

“Ya umrah, kok orang politik umrah ya umrah, ya bulan bulan puasa sih ngegosip. Orang berangkat umrah ya umrah” kata Zulkifli Hasan di Pesantren Tahfizh Daarul Quran, Cipondoh, Kota Tangerang, Jumat, 1 Juni 2018.

Prabowo Subianto, Amien Rais, hingga petinggi PKS, sebelumnya dikabarkan akan berkumpul di sela-sela ibadah umrah nanti. Partai Persatuan Pembangunan (PPP) menilai Prabowo Subianto cs akan melakukan umrah politik.

“Niat awalnya umrah tapi kemudian dilanjutkan silaturahmi politik ke tokoh-tokoh. Maka kemudian tidak bisa menyalahkan kalau publik menilainya sebagai umrah politik,” kata Wasekjen PPP Achmad Baidowi (Awiek) kepada awak media.

“Anggapan ini muncul karena sebelum berangkat sudah diumumkan lebih dahulu kepada publik bahwa ada umrah sembari bahas politik sehingga terkesan rekayasa,” tambahnya.

Di sisi lain, saat menanggapi soal umrah tersebut, Ketua DPP PKS Mardani Ali menilai bagus jika kondisi bangsa dibahas di sela-sela ibadah umrah.

“Kedua, kalau disela-sela umrah bahas kondisi bangsa malah bagus. Karena Islam tidak memisahkan masalah ibadah dengan kondisi bangsa,” ujarnya. (ilfan/det)

loading...