Ali-Mochtar-Ngabalin
Ali Mochtar Ngabalin. (foto: MI/Mohamad Irfan)

JAKARTA, harianpijar.com – Ketua Dewan Penasihat Persaudaraan Alumni (PA) 212 Amien Rais menyebut Presiden Joko Widodo (Jokowi) adalah pemimpin yang akan dilengserkan Allah. Menanggapi hal itu, Tenaga Ahli Utama Kedeputian IV Kantor Staf Presiden (KSP) Ali Mochtar Ngabalin mengingatkan soal cara berkomunikasi Amien Rais.

“Allah itu putusannya adalah gaib. Tidak ada orang Indonesia menentukan kegaibannya. Man jadda wa jada, siapa berusaha dia dapat. Nanti Allah yang mengubah nasib suatu kaum kalau kaum mau berubah,” kata Ali Mochtar Ngabalin di kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Rabu, 30 Mei 2018.

Lebih lanjut Ali Mochtar Ngabalin pun meminta agar Amien Rais jangan bertindak mendahului Allah. Selain itu, dirinya juga meminta Amien Rais menjaga lisannya.

“Jangan Anda bertindak seperti Allah, kemudian menurunkan takdir berbuat semaumu. Jangan, jangan, jangan. Jaga lisanmu sebagai tokoh,” ujar Ali Mochtar Ngabalin sambil berbicara bahasa Arab.

Dirinya bahkan mengaku heran karena Amien Rais kerap menyerang Presiden Jokowi. Apakah Ali Mochtar Ngabalin akan memediasi pertemuan Presiden Jokowi dan Amien Rais?

“Insyaallah. Saya kalau ketemu Pak Presiden mau tanya, ‘Pak, ada apa ini.’ Gue yang hari-hari ada di sini, kasihan juga. Nggak boleh. Kita harus meninggalkan suatu keteladanan yang bagus bagi negeri ini,” tuturnya

“Boleh berpolitik, boleh beda pilihan, tapi ada tata krama, orang menggunakan akhlak, etika, dan moral berpolitik. Jangan memfitnah dan adu domba, tidak bagus, capek bangsa ini. Apalagi datang dari seorang tokoh,” imbuh Ali Mochtar Ngabalin.

Sebelumnya, Amien Rais mengatakan Presiden Jokowi akan menjadi pemimpin yang dilengserkan Allah. Karena, menurutnya, Presiden Jokowi salah langkah hingga melakukan blunder.

Hal itu disampaikan Amien Rais dalam sambutannya di acara Rakornas Persaudaraan Alumni (PA) 212 yang digelar di Aula Sarbini, Taman Wiladatika, Cibubur, Jakarta Timur, pada Selasa, 29 Mei 2018.

“Kita melihat secara jelas, kita perhatikan pemimpin yang akan dilengserkan Allah itu biasanya langkahnya dari salah ke keliru, dari keliru ke blunder, salah lagi dan seterusnya,” ujar Amien Rais sembari menunjuk foto Presiden Jokowi yang ada di dinding aula. (nuch/det)

loading...