Rizieq-Shihab
Rizieq Shihab. (foto: Dok. Metrotvnews)

JAKARTA, harianpijar.com – Partai Keadilan Sejahtera (PKS) membuka opsi membawa nama imam besar Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab ke Majelis Syuro PKS untuk dibahas sebagai capres.

Namun, calon mitra koalisi terkuat PKS, Partai Gerindra, merasa yakin Rizieq Shihab tidak akan maju di Pilpres 2019.

“Menurut analisis saya, Habib Rizieq sebagai imam besar umat Islam tidak ada keinginan maju sebagai capres maupun cawapres,” ujar anggota Badan Komunikasi DPP Partai Gerindra Andre Rosiade kepada awak media, Rabu, 30 Mei 2018.

“Tapi beliau akan mendorong tokoh yang punya komitmen untuk memperbaiki bangsa untuk maju di Pilpres 2019 nanti,” tambahnya.

Lebih lanjut, menurut Andre Rosiade, Rizieq Shihab akan memilih menjadi suporter pasangan capres atau cawapres dari Persaudaraan Alumni (PA) 212. Terutama kepada Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto, yang dinilainya sebagai capres perwakilan umat.

“Contohnya seperti Pak Prabowo, yang merupakan tokoh yang punya komitmen memperbaiki nasib bangsa dan umat,” kata Andre Rosiade.

Meski demikian, Andre Rosiade tetap menghargai upaya PKS apabila hendak membuka opsi membahas nama Rizieq Shihab di Majelis Syuro. Sampai saat ini, PKS masih mendorong 9 kadernya menjadi cawapres Prabowo Subianto.

“Soal nama Habib Rizieq yang akan dibawa dalam Majelis Syuro PKS, tentu itu urusan internal PKS. Kami menghormati dan menghargai urusan internal PKS. Yang jelas sampai saat ini sikap resmi PKS masih 9 nama,” ungkap Andre Rosiade.

“Adapun yang akan menjadi cawapres Pak Prabowo akan diputuskan di dalam rapat antara Pak Prabowo bersama pimpinan partai koalisi. Nanti akan diputuskan bersama-sama siapa cawapres yang paling pas mendampingi Pak Prabowo,” imbuhnya.

Sebelumnya, Persaudaraan Alumni (PA) 212 merekomendasikan nama Rizieq Shihab sebagai capres untuk Pilpres 2019. PKS, yang belum menyatakan sikap resmi untuk Pilpres 2019, membuka opsi membawa nama Rizieq Shihab ke Majelis Syuro untuk dibahas.

“Kemungkinan selalu ada,” kata Ketua DPP PKS Mardani Ali Sera ketika menjawab pertanyaan apakah ada kemungkinan nama Rizieq Shihab dibawa ke Majelis Syuro PKS, Selasa, 29 Mei 2018. (ilfan/det)

BAGIKAN
BERITA PILIHAN SPONSOR