Aman-Abdurrahman
Aman Abdurrahman. (foto: Dok. Reuters)

JAKARTA, harianpijar.com – Polri dan TNI mengerahkan ratusan personel gabungan untuk mengamankan jalannya sidang tuntutan terdakwa teroris Aman Abdurrahman yang digelar di Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Selatan, Jumat, 18 Mei 2018, sekira pukul 09.00 WIB.

“Selama ini pelaksanaan sidang selalu kita amankan, kali ini lebih optimal lagi,” ujar Kapolres Metro Jakarta Selatan Kombes Indra Jafar dalam keterangan tertulisnya.

Lebih lanjut, Kombes Indra Jafar menambahkan, anggota Polri yang disiagakan sebanyak 152 personel, sedangkan dari TNI sebanyak 30 personel. Jadi, total personel yang dikerahkan mencapai 182 orang untuk mengamankan berlangsungnya sidang Aman Abrurrahman.

“Bagi masyarakat yang akan masuk ke area sidang akan disterilisasi,” imbuhnya.

Terkait hal itu, Kombes Indra Jafar mengimbau agar masyarakat tidak perlu khawatir dengan adanya pengamanan tambahan. Karena, menurutnya, itu merupakan standar operasional prosedur (SOP) dari pengamanan.

“Sebagaimana protap sidang-sidang biasa tentang pemeriksaan, barang-barang yang masuk harus diperiksa,” jelasnya.

Seperti diketahui, Aman Abdurrahman alias Oman merupakan salah seorang yang terlibat dalam aksi teror bom di Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, pada 14 Januari 2016 lalu. Aman Abdurrahman pertama kali menjalani sidang pada Kamis, 15 Februari 2018 lalu.

Dirinya menjadi sorotan publik karena disebut-sebut sebagai salah satu bahan negosiasi para teroris untuk tidak lagi mengepung Rutan Mako Brimob, Kelapa Dua, Depok, Jawa Barat. (ilfan/lip)