Sam-Allardyce
Samuel "Sam" Allardyce. (foto: Getty Images)

harianpijar.com – Pertemuan antara Farhad Moshiri dan Samuel Allardyce pada Rabu dini hari menghasilkan bahwa Samuel Allardyce telah mengakhiri jabatannya selama enam bulan terakhir. Keputusan itu ada setelah rapat dewan Everton pada hari selasa.

Samuel Allardyce akan dibayar sebagian besar dari 12 bulan terakhir dari sisa kontraknya, diperkirakan sekitar £ 6 juta.

“Atas nama Ketua, Dewan Direksi dan Bapak Moshiri, saya ingin berterima kasih kepada Sam atas pekerjaan yang telah dilakukannya di Everton selama tujuh bulan terakhir,” kata Wakil CEO Everton Denise Barrett-Baxendale.

“Sam dibawa pada musim yang menantang musim lalu untuk memberi kami stabilitas dan kami berterima kasih kepadanya karena melakukan itu.”

“Namun, kami telah membuat keputusan bahwa sebagai bagian dari rencana jangka panjang kami, kami akan menunjuk seorang manajer baru musim panas ini dan akan segera memulai proses ini.”

“Sekali lagi, kami ingin merekam ucapan terima kasih kami yang tulus kepada Sam atas pekerjaannya bersama kami selama beberapa bulan terakhir dan mendoakannya dengan baik untuk masa depan.”

Pelatih berusia 63 tahun itu memastikan finis di posisi delapan untuk Everton di Liga Premier, setelah hanya dua kekalahan dalam sembilan pertandingan terakhir mereka.

“Ini adalah tugas saya untuk mengubah hal itu. Tugas saya adalah mendapatkan hasil yang lebih baik untuk Everton, mendapatkan pemain yang lebih baik, dan bermain lebih baik. Kemudian para penggemar menikmati sepakbola mereka sedikit lebih daripada saat ini,” ujar Samuel Allardyce saat ditanya soal masa depannya.

“Saya telah melakukan semua yang saya bisa, staf belakang telah melakukan semua yang mereka bisa, dan para pemain telah melakukan semua yang mereka bisa,” imbuhnya. (adit/sky)