Pasangan-Sudrajat-dan-Ahmad-Syaikhu
Pasangan Sudrajat dan Ahmad Syaikhu. (foto: screenshot video)

BANDUNG, harianpijar.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jabar akan melayangkan surat teguran kepada pasangan calon yang diusung Partai Gerindra, PKS dan PAN, Sudrajat-Ahmad Syaikhu, terkait aksi pamer kaus ‘2019 Ganti Presiden’ saat debat Pilgub Jabar 2018.

Menurut Ketua KPU Jabar Yayat Hidayat, pihaknya menilai pasangan calon tersebut tidak memenuhi prosedur dalam debat kandidat.

“Saya akan tanda tangani suratnya (surat teguran). Dugaannya melanggar prosedur debat, keluar dari tema debat,” ujar Yayat Hidayat saat dihubungi, Rabu, 16 Mei 2018.

Lebih lanjut Yayat Hidayat mengatakan, surat teguran ini merupakan bentuk peringatan kepada pasangan Sudrajat-Ahmad Syaikhu agar tidak melakukan hal yang dapat memicu pro kontra di masyarakat. Sedangkan terkait sanksi, dirinya menyebut bahwa KPU Jabar akan menyerahkannya ke Bawaslu.

“Kita teguran bahwa yang dilakukan oleh pasangan nomor tiga salah, keluar dari prosedur. Intinya lebih peringatan. Kalau soal hukum atau sanksi itu ranah Bawaslu,” jelasnya.

Seperti diketahui, debat Pilgub Jabar putaran kedua yang digelar di kampus Universitas Indonesia (UI) berakhir ricuh.

Kericuhan dipicu saat pasangan calon Sudrajat-Ahmad Syaikhu menyampaikan kata penutup. Ahmad Syaikhu memamerkan kaus yang bertuliskan ‘2018 Asyik Menang, 2019 Ganti Presiden’. (nuch/det)