Gogon
. (foto: tribunnews/Jeprima)

JAKARTA, harianpijar.com – Kabar duka atas meninggalnya Margono (Gogon) Srimulat menyisakan kesedihan yang begitu dalam bagi para sahabat. Salah satunya pelawak Sudarmadji atau kerap disapa Doyok, yang mengenang jasa Gogon dalam kehidupannya.

Doyok pun kemudian mengawali cerita saat dirinya dinyatakan bebas dari tahanan pada 2001 lalu usai terjerat kasus narkoba. Doyok yang bingung mencari pekerjaan akhirnya mendapat telepon dari Gogon.

“Dulu pas hari pertama keluar dari penjara. Seminggu kan menyesuaikan diri di rumah. Gogon Srimulat telepon, ‘Ayo ikut saya ada acara di perusahaan kimia,” ujar Doyok melalui telepon, Selasa, 15 Mei 2018.

“Aku belum pede (percaya diri) dipaksa sama Gogon Srimulat untuk ikut. Berangkat berdua. Saya bilang gimana hadapinya? Kata dia enggak apa-apa. Saya keluar duluan nanti tak panggil,” tambahnya.

Doyok mengaku sangat terharu karena momen tersebut menjadi penyemangat dirinya untuk kembali berkarya. Saking terharunya, Doyok yang sedang menangis langsung memeluk Gogon setelah manggung.

Doyok mengatakan, jasa sahabatnya itu tidak akan terlupakan dan selalu dikenang seumur hidupnya. Ketika mengetahui kabar Gogon meninggal dunia, Doyok merasa sedih.

“Saya enggak melawak, tetapi menangis dulu. Saya baru keluar (penjara) seminggu, selesai manggung Gogon saya peluk ucapkan ‘Makasih ya Gon’. Ternyata manggung terakhir sama Gogon, Gogon yang tinggalkan saya sekarang,” ungkapnya. (ilfan/lip)