Lukman-Hakim-Saifuddin
Lukman Hakim Saifuddin. (foto: Media Indonesia)

JAKARTA, harianpijar.com – Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin sudah menyelidiki identitas Wikoyah, istri terduga teroris Budhi Satrijo. Hasilnya, Wikoyah adalah seorang Pegawai Negeri Sipil (PNS) di Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kanwil Kemenag) Jawa Timur.

“Informasi yang kami dapatkan dari Kanwil Kemenag Jatim dan sejumlah aparat inspektorat jenderal yang kami terjunkan ke sana, memang betul terkonfirmasi hal itu,” ujar Lukman Hakim Saifuddin di Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa, 15 Mei 2018.

Lebih lanjut Lukman Hakim Saifuddin mengatakan, pihaknya akan terus menelusuri keterlibatan Wikoyah dalam menjalankan aksi terorisme. Jika Wikoyah terbukti terlibat dalam aksi tersebut, maka dirinya akan memberikan sanksi tegas sesuai aturan yang berlaku.

“Kami di Kemenag akan tegas memberikan sanksi kepada seluruh ASN kita ketika yang bersangkutan melanggar hukum, sumpah, regulasi dan khususnya aturan ASN,” tegasnya.

Menurut Lukman Hakim Saifuddin, selama ini Kemenag tidak mengetahui bahwa Wikoyah merupakan istri terduga teroris. Selain karena jumlah PNS di Kemenag begitu banyak, pihaknya juga tidak bisa mengawasi aktivitas para PNS di luar jam kerja.

“Dengan banyaknya ASN tentu kemampuan kami untuk betul-betul mengetahui aktivitas setiap ASN terbatas. Kita tidak tahu di luar kantor ASN kita melakukan apa saja,” kata Lukman Hakim Saifuddin.

Selain itu, Lukman Hakim Saifuddin juga mengatakan kejadian itu akan menjadi pembelajaran bagi Kemenag. Dirinya berjanji akan meningkatkan pengawasan dan kewaspadaan terhadap seluruh anggota ASN yang ada di Kemenag.

Sementara itu, dalam penangkapan, Tim Densus 88 menembak mati suami Wikoyah, Budhi Satrijo. Sekarang ini, Wikoyah sedang dalam pengamanan Polri. (ilfan/lip)

loading...