Presiden Joko Widodo (Jokowi).

JAKARTA, harianpijar.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) diduga sudah memiliki daftar nama-nama calon wakil presiden (cawapres) yang akan menjadi pendampingnya dalam pemilihan presiden (Pilpres) 2019 mendatang. Namun, nama-nama tersebut belum mengerucut pada satu nama.

“Ya sudah ada daftar nama, tapi belum mengerucut. Kita belum pernah dengar ada pertemuan dengan Megawati. Jokowi tidak akan bisa menentukan sendiri tanpa ada restu Bu Mega dan perundingan-perundingan dengan elite,” kata Toto Sugiarto Pengamat Politik dari Universitas Paramadina, saat dikonfirmasi, Minggu 13 Mei 2018.

Menurut Toto Sugiarto, Joko Widodo (Jokowi) akan memilih pendamping yang bisa menaikkan elektabilitasnya  dan poin ini juga diamini oleh partai-partai koalisi pendukungnya.

Bahkan, internal partai koalisi tidak akan masalah dengan siapapun calon wakil presiden (cawapres) yang akan dipilih asalkan sosok tersebut dapat menyumbangkan suara kemenangan bagi Joko Widodo (Jokowi).

“Pada akhirnya nanti semua akan menyetujui, karena semua partai koalisi juga perhitungannya yang penting Jokowi menang, dan mereka tetap berada di dalam koalisi,” ucap Toto Sugiarto.

Sementara, menurut Peneliti Centre For Strategic and International Studies (CSIS) Arya Fernandes, Joko Widodo (Jokowi) masih mempertimbangkan latar belakang mana yang akan menjadi pendamping dirinya.

“Pertama, yang mempunyai hubungan dengan organisasi Islam. Kedua, tokoh dari luar pulau Jawa,” kata Arya Fernandes.

Namun, ditegaskan Arya Fernandes, dua kriteria tersebut bisa saja berubah dengan munculnya sosok calon wakil presiden (cawapres) yang akan mendampingi Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto.

“Jokowi mulai mempertimbangkan sejumlah nama. Saya kira dia akan melihat pergerakan Prabowo,” tandas Toto Sugiarto.

SUMBERMediaIndonesia
BAGIKAN
BERITA PILIHAN SPONSOR