Surya-Paloh-Bertemu-Ulama-Aceh
Surya Paloh bertemu ulama Aceh. (foto: jpnn/Andreas Ricky Febrian)

JAKARTA, harianpijar.com – Ketua Umum Partai Nasional Demokrat (NasDem) Surya Paloh akan mengusulkan adanya kementerian pesantren kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi). Gagasan tersebut datang setelah Surya Paloh berdialog dengan para ulama ketika berada di Aceh, pada Jumat, 11 Mei 2018.

Dalam dialog yang digelar di Hotel Kryad, Banda Aceh, Walid Nurul Zahri mengusulkan kementerian pesantren agar pondok pesantren memiliki kurikulum dan kebijakan yang jelas. Menurutnya, pondok pesantren sulit maju karena dikelola oleh dua kementerian berbeda.

“Kami ingin meminta kepada pemerintah untuk mendirikan Kementerian Ponpes. Sudah ada akarnya, ada dinasnya yang kusus untuk pesantren,” ucap Walid Nurul Zahri.

Pesantren di Aceh berkembang pesat dan terbukti berperan dalam menciptakan masyarakat yang tertib, damai dengan tetap mencintai Tanah Air.

Sekarang untuk pengembangan pesantrennya dikelola oleh Kementerian Agama dan pendidikan umumnya oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Mendengar permasalahan tersebut, Surya Paloh memastikan akan menyampaikan aspirasi para ulama Aceh kepada Presiden Jokowi. Apalagi, dirinya menilai saat ini sudah ada 25 ribu pondok pesantren di Indonesia sehingga perlu digarap dengan fokus dan serius.

“Kalau ada kementeriannya, jadi jelas ini kurikulumnya, jangan timpang. Yang satu toiletnya bersih yang satunya tidak. Inti dari Islami adalah kebersihan. Saya rasa ini masih batas wajar,” kata Surya Paloh. (ilfan/jpn)

BAGIKAN
BERITA PILIHAN SPONSOR