Aman-Abdurrahman
Aman Abdurrahman. (foto: Dok. Reuters)

JAKARTA, harianpijar.com – Aman Abdurrahman disebut-sebut menjadi sosok penting di balik menyerahnya para narapidana teroris di Rutan Mako Brimob, Kelapa Dua, Depok, yang menyandera Bripka Iwan Sarjana.

Seperti diketahui, Aman Abdurrahman merupakan napi teroris, yang juga tokoh kunci dari aksi Bom Thamrin pada Januari 2016 lalu.

Beredar di kalangan awak media, suara Aman Abdurrahman yang memberi seruan kepada para narapidana teroris untuk mengakhiri kerusuhan tersebut. Dalam rekaman, terdengar suaranya mengaku mendapat laporan kerusuhan di rutan Mako Brimob dari Densus 88 Antiteror.

“Kepada Ikhwan semua, saya Aman Abdurrahman mendengar laporan yang baru. Laporan dari pihak Densus bahwa ada kekisruhan di tempat antum,” kata¬†Aman Abdurrahman seperti dikutip dari rekaman suara yang berdurasi sekira dua menit tersebut.

“Menurut laporan sementara, (kerusuhan) itu karena urusan dunia sehingga terjadi hal-hal yang tidak sepatutnya terjadi,” tambahnya.

Lebih lanjut Aman Abdurrahaman mengaku telah mendapat kabar penjelasan dari para narapidana di rutan. Rabu dini hari, dirinya juga mengimbau agar situasi dalam rutan diredam dan meminta agar polisi yang disandera yaitu Bripka Iwan Sarjana, untuk dibebaskan.

Aman Abdurrahaman kemudian menjanjikan utusan para narapidana bisa menemui dirinya beberapa hari ke depan, untuk menjelaskan langsung persoalan yang sebenarnya terjadi. Utusan tersebut diantaranya bisa dari Ustaz Muslih, Ustaz Alex Iskandar, atau yang lainnya.

“Karena untuk masalah urusan dunia (urusan makanan) tidak pantas terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, kecuali masalah prinsipil yang tidak bisa ditolerir, baru itu dipermasalahin,” tuturnya. (ilfan/jpn)

BAGIKAN
BERITA PILIHAN SPONSOR