Din-Syamsuddin
Din Syamsuddin. (foto: dok. M Din Syamsuddin)

JAKARTA, harianpijar.com – Relawan Nasional 212 Jokowi Presiden Republik Indonesia (Renas 212 JPRI) menyarankan Din Syamsuddin sebagai cawapres Joko Widodo (Jokowi) pada Pilpres 2019.

Utusan Khusus Presiden RI untuk Dialog dan Kerjasama Antaragama dan Peradaban itu akan bersaing dengan sepuluh nama lainnya yang diusulkan oleh Renas 212 JPRI. Yaitu, Mahfud MD, Jimly Asshiddiqie, Yusril Ihza Mahendra, Muhaimin Iskandar (Cak Imin), Zulkifli Hasan, Budi Gunawan, TGB Zainul Majdi, Ahmad Heryawan, Rizieq Shihab, dan Anis Matta.

“Renas 212 berikhtiar agar tokoh-tokoh religius Islam diberikan proporsi yang sesuai untuk mendampingi Presiden Jokowi dalam Pilpres 2019,” ujar Koordinator Nasional Renas 212 JPRI Muhamad Nasir saat acara soft launching Renas 212 JPRI di Kedai Kopi Perjoeangan, Jakarta, Kamis, 10 Mei 2018.

Lebih lanjut Nasir mengatakan, nama Din Syamsuddin belakangan ini disebut pantas menjadi pendamping Jokowi.

“Makanya beliau masuk menjadi salah satu yang diusulkan Renas 212,” kata Nasir.

Selain itu, Nasir juga menilai harus ada kesepakatan bersama antara kelompok nasionalis dan religius menjelang Pilpres 2019. Dengan begitu, menurutnya, permusyawaratan perwakilan sesuai demokrasi Pancasila sila keempat dapat tetap terjaga. (ilfan/jpn)

loading...