Genaro-Gattuso
Genaro Gattuso. (foto: Getty Images)

harianpijar.com – Pelatih AC Milan Gennaro Gattuso mengatakan, bagi timnya, Final Coppa Italia menghadapi Juventus sama dengan ajang Piala Dunia.

Dirinya menyebut anak asuhnya mempunyai misi cukup besar pada pertandingan melawan Juventus. Mengalahkan Juventus adalah hal yang cukup sulit dan juga harus bermain disiplin.

Final Coppa Italia akan berlangsung di Roma, dengan Juventus mengincar double winner karena mereka saat ini masih berada di puncak klasemen Serrie A.

“Ini seperti Piala Dunia untuk antusiasme kami, antusiasme para fans dan keinginan mereka untuk kembali mengangkat trofi lagi,” ujar Gennaro Gattuso pada sesi jumpa pers.

“Kamu bisa merasakannya. Mempertimbangkan tim yang kami miliki, kami hanya membutuhkan percikan api untuk menyalakan kembang api. Saya tidak perlu memecat para pemain, karena itu adalah jenis pertandingan yang membuat anda panas juga. Kami bermain melawan tim yang telah mendominasi sepakbola Italia dan menjadi protagonis di Eropa selama tujuh tahun, jadi mereka memiliki mental yang hebat.”

“Kami harus memberikan yang terbaik dan jika kami dapat mengatasi kendala ini, kami dapat melakukan sesuatu yang penting. Saya yakin itu,” tambahnya.

Menurut Gennaro Gattuso, laga tersebut akan menjadi pertandingan terbesar dalam karir kepelatihannya yang masih cukup dini.

“Ini adalah pertandingan terpenting dalam karir kepelatihan saya. Ada beberapa kekecewaan; kami berharap itu bisa memuaskan. Jika game ini ada di akhir musim, saya tidak akan terlalu khawatir. Kami punya dua pertempuran dengan Atalanta dan Fiorentina, jadi pergi ke mereka dengan Piala di perapian berbeda dengan perasaan setelah kekalahan,” ungkap Gennaro Gattuso.

“Sebagai pemain, dan itu sama dengan pelatih, saya selalu merasa Juventus memiliki mentalitas luar biasa ini. Para pemain mereka bangga mengenakan jersey. Mereka bersemangat. Saya terkesan oleh disiplin dan semangat berjuang di dunia Juve dan saya melihat itu membuat perbedaan, bahkan ketika Milan memiliki pemain yang lebih berbakat secara teknis. Terkadang saya melihat pemain Juve dan mereka bahkan tidak terlihat berkeringat.”

“Milan membawa sesuatu yang berbeda di Eropa dalam hal sepakbola, tetapi memenangkan jalan yang dilakukan Juve – dengan mentalitas, kekuatan fisik dan kualitas – tidaklah mudah. Orang-orang mungkin mengatakan bahwa mereka tidak sering memenangkan Liga Champions, tetapi mencapai Final sama seperti memenangkannya,” tandasnya. (adit/fox)

BAGIKAN
BERITA PILIHAN SPONSOR