Desmond-J-Mahesa
Desmond J Mahesa. (foto: detik)

JAKARTA, harianpijar.com – Siapa tokoh utama reformasi menjadi topik pembahasan panas akhir-akhir ini setelah Sri Bintang Pamungkas cs menyebut Amien Rais pengkhianat.

Aktivis ’98 yang turun langsung ke jalan saat itu, Desmond J Mahesa, menyampaikan pendapatnya terkait siapa sebenarnya yang jadi tokoh utama reformasi.

“Menurut saya sih mahasiswa itu sendiri. Jadi kayak Bintang dll itu kan adalah orang-orang tua yang sebenarnya tidak terlibat langsung dalam proses itu. Itu kan dimulai oleh kawan-kawan berbagai kampus melakukan advokasi-advokasi dalam suasana kondisi waktu itu di zaman Soeharto,” kata Desmond J Mahesa saat dihubungi, Selasa, 8 Mei 2018.

Lebih lanjut menurut Desmond J Mahesa, mahasiswa adalah tokoh utama reformasi. Mereka turun ke jalan dan menggelar demo di beberapa kota di Indonesia. Puncaknya, gedung DPR RI di Jakarta diduduki oleh mahasiswa.

Dirinya tak setuju soal Amien Rais yang disebut PAN sebagai penggerak reformasi. Desmond J Mahesa merupakan salah satu aktivis ’98 yang duduk di parlemen saat ini.

“Nggak. Beliau itu dimanfaatkan oleh mahasiswa untuk orang yang berbicara di panggung. Dia itu bukan inisiatornya, beliau itu adalah artis,” ungkap Desmond J Mahesa.

Desmond J Mahesa menganggap Amien Rais hanya dimanfaatkan oleh mahasiswa dalam reformasi. Pasalnya, secara kebetulan, Amien Rais saat itu merupakan tokoh yang berani vokal dengan memanfaatkan panggung mahasiswa yang menduduki DPR.

“Iya, karena kebetulan waktu itu dia berani ngomong apa adanya. Tapi kalau inisiator reformasi sendiri jauhlah, Amien Rais bukan siapa-siapa,” ujar Desmond J Mahesa yang juga Ketua DPP Partai Gerindra itu.

Sedangkan terkait Sri Bintang Pamungkas cs yang menyebut Amien Rais sebagai pengkhianat. Desmond J Mahesa menganggap Amien Rais lebih kepada pecundang.

“Yang harus paham, Amien Rais tidak bisa kita sebut bapak reformasi ya. Kenapa? Karena, bagi kami mahasiswa, jebolnya konstitusi, UUD ’45 dengan amendemen itu kan Ketua MPR-nya Amien Rais. Jadi, kalau Amien Rais membobol dasar negara, Amien Rais itu pecundang, gitu, lo,” jelasnya.

“Menurut istilah saya, dengan saya pertanggungjawabkan, dengan kondisi rusaknya bangsa ini dengan salah satu jebolnya konstitusi kita dan di situ ada peran Amien Rais dan Megawati waktu itu presiden yang memegang benteng kerusakan bangsa ini semakin liar,” tambah Desmond J Mahesa.

Di sisi lain, Wakil Ketua Umum PAN Totok Daryanto membela Amien Rais yang diserang Sri Bintang Pamungkas cs. Dirinya mengatakan, Amien Rais adalah penggerak reformasi dan itu harus diakui.

“Bahwa Pak Amien Rais dinilai mungkin menurut mereka, tapi fakta bahwa Amien tokoh reformasi, penggerak reformasi, harus diakui, kayak Bung Karno itu proklamator Indonesia, tiap orang nggak bisa menyangkal fakta itu,” kata Totok Daryanto kepada awak media, Senin, 7 Mei 2018. (nuch/det)

loading...