Surya-Paloh
Surya Paloh. (foto: dok. fraksinasdem)

JAKARTA, harianpijar.com – Partai Nasional Demokrat (NasDem) yakin ramainya isu tenaga kerja asing (TKA), karena dipolitisasi. Lain itu, pemerintah juga dinilai tidak perlu terlalu merespons berlebihan, cukup menjelaskan bagian yang menjadi pertanyaan pihak-pihak tertentu.

Menurut Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh, dirinya meyakini isu tenaga kerja asing (TKA) itu dipolitisasi.

“Pastinya iya (politisasi-red), absolut itu. Saya tidak ragu menyatakan iya!” kata Surya Paloh saat dikonfirmasi, di Kantor DPP NasDem, Jakarta Pusat, Kamis, 3 Mei 2018.

Lebih lanjut, ditegaskan Surya Paloh, dirinya juga bisa memahami kondisi itu. Karena, dirinya menilai pemerintah juga tidak perlu terlalu merespons berlebihan dan pemerintah disarankan cukup menjelaskan bagian yang menjadi pertanyaan pihak-pihak tertentu.

“Saya bisa pahami, mungkin butuh koreksi. Memerlukan penjelasan. Pemerintah tidak perlu juga reaktif luar biasa, yang wajar saja dan berikan penjelasan,” tambahnya.

Selanjutnya, Surya Paloh juga menjelaskan, kementerian atau lembaga terkait harus bisa menjelaskan secara gamblang kepada publik mengenai kebijakan tenaga kerja asing. Karena, dirinya meyakini jika pemerintah bisa memberikan penjelasan dengan benar dan baik, pihak-pihak yang tak sepakat bisa mengerti.

“Hari ini ada reaksi yang tidak tepat atau tidak sepakat, mungkin jika diberi penjelasan lebih dekat, tepat, esok, lusa, bisa berubah,” ungkap Surya Paloh.

Selain itu, dikatakan Surya Paloh, polemik mengenai tenaga kerja asing sebagai masukan dan kritik bagi pemerintah. Kondisi itu, biasa dialami pihak yang sedang menjalankan roda pemerintahan.

“Tidak semua pihak pasti akan sepakat, menyetujui, dan mengapresiasi berbagai kebijakan pemerintah. Di sana ada kritik, beda pandangan, dan sedikit caci maki. Saya pikir ini wajar saja,” ucapnya.

Sementara, menurut anggota Fraksi NasDem DPR Johnny G Plate, dirinya mendorong perpres tentang TKA dilihat secara utuh. “Perpres ini justru memberi karpet biru buat tenaga kerja dalam negeri,” kata Johnny G Plate. (mi)

loading...