Muhammad-Romahurmuziy
Muhammad Romahurmuziy. (foto: Antara/Puspa Perwitasari)

PURBALINGGA, harianpijar.com – Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Muhammad Romahurmuziy (Romy) mengatakan dari sepuluh partai politik (parpol) yang memiliki kursi di DPR sat ini, diperkirakan delapan parpol akan ikut mengusung Joko Widodo (Jokowi) sebagai calon presiden (capres) pada pemilihan presiden (Pilpres) 2019 mendatang.

“Insyaallah, akan ada delapan parpol yang bakal mendukung koalisi Pak Jokowi. Mungkin hanya tinggal menyisakan Gerindra dan PKS saja. Itu harapan kami,” kata Romy di Purbalingga, Jawa Tengah, Jumat, 4 Mei 2018.

Menurut Romy, Partai NasDem pertama kali menyatakan dukungan kepada Jokowi untuk maju kembali dalam pilpres, yakni pada 19 Maret 2017. Selanjutnya, partai lama pengisi DPR saat ini yang telah mendukung Jokowi ialah Partai Golkar, PPP, PDIP, dan Partai Hanura.

Sementara, untuk PKB tinggal menunggu waktu deklarasi. “Sebetulnya, dukungan itu sudah ada sinyal dengan usulan Jokowi-Ketua Umum DPP PKB Muhaimin Iskandar (Cak Imin),” ucap Romy.

Lebih lanjut, ditegaskan Romy, PKB saat ini masuk dalam koalisi pemerintahan Jokowi-Jusuf Kalla. “Saya tidak bisa membayangkan PKB tidak mendukung Pak Jokowi. Kalau tidak mendukung, akan kehilangan empat menteri,” imbuhnya.

Selanjutnya, Romy menjelaskan, PAN dan Partai Demokrat juga kemungkinan merapat ke pengusung Jokowi. “Sepertinya tambahan pendukung koalisi Pak Jokowi ada tiga parpol,” sebut Romy. (MI)