konferensi-pers-PAN
Konferensi pers politikus PAN terkait kasus 2 bocah meninggal di Monas. (foto: detik/Audrey Santoso)

JAKARTA, harianpijar.com – Kader Partai Amanat Nasional (PAN) Syahganda Nainggolan menyebut Ketua Forum Untukmu Indonesia (FUI) Dave Revano Santosa adalah penggemar Presiden Joko Widodo (Jokowi). Dirinya pun mengatakan bantuan yang dibagikan FUI kepada warga miskin di Monas adalah untuk kepentingan Jokowi.

Hal itu disampaikan Syahganda Nainggolan dalam konferensi pers yang digelar bersama kader PAN lainnya, yaitu Eggi Sudjana dan Chandra Tirta Wijaya, di Kantor DPP PAN, Jakarta Selatan, Kamis, 3 Mei 2018.

“Jadi Si Dave itu Jokowers berat. Semua jejak digital mengatakan dia adalah Jokowi berat, pro-Jokowi, lembaga yang terkait dengan kegiatan pro-Jokowi. Saya imbau kepada orang-orang yang baik dari sisi pro-Jokowi atau anti-Jokowi, kita nggak boleh manipulasi bantuan,” ujar Syahganda Nainggolan.

Lebih lanjut Syahganda Nainggolan mengatakan, manipulasi bantuan yang dirinya maksud adalah memanfaatkan kondisi masyarakat yang lagi membutuhkan untuk kepentingan politik.

“Jadi mengeksploitasi kemiskinan untuk tujuan politik tertentu itu adalah suatu bentuk politik sesat dan sudah harus kita hilangkan menuju 2019,” tuturnya.

Dirinya pun mengutuk kejadian yang menyebabkan dua anak laki-laki, Muhammad Rizky Saputra dan Mahesa Junaedi, meninggal dunia usai menghadiri acara bantuan tersebut.

“Saya mengutuk panitia yang tidak tanggung jawab terhadap kematian dua bocah tersebut, karena kalau membuat acara besar, berani mengambil resiko. Itu harus. Tidak boleh kemudian berusaha mencegah penyelidikan adanya peristiwa hukum,” tegas Syahganda Nainggolan.

Berdasarkan keterangan polisi, kedua anak tersebut tewas karena persistensi hiperpireksia (suhu badan di atas 40 derajat Celsius) dan heat stroke (dehidrasi).

“Polisi awalnya mengatakan bahwa itu bukan terkait dengan korban antrean sembako, tapi kemudian untung saja Kapolda (Kapolda Metro Jaya Irjen Idham Azis) meralat Kabid Humasnya (Kombes Argo Yuwono) untuk menginvestigasi lebih dalam lagi,” ucap Syahganda Nainggolan.

“Karena memang itu semua terkait, anak itu datang ke acara itu membawa kupon berlambang merpati di sebelah kanan. Yang saya mau sampaikan adalah peristiwa manipulasi bantuan,” imbuhnya.

Seperti diketahui, Dave Revano Santosa sebelumnya telah membantah kabar yang menyebut dirinya adalah relawan Jokowi. “Bukan. Kami juga tidak ada kaitannya dengan relawan Jokowi atau yang lainnya,” kata Dave Revano Santosa saat dikonfirmasi. (Ilfan/kum)

BAGIKAN
BERITA PILIHAN SPONSOR