Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto saat menerima dukungan dari KSPI.

JAKARTA, harianpijar.com – Dukungan Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) terhadap Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto sebagai calon presiden (capres), tidak berpengaruh besar terhadap elektabilitasnya menjelang pemilihan presiden (Pilpres) 2019.

Menurut Pengamat politik dari Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah, Adi Prayitno, dirinya menilai KSPI cenderung terfragmentasi, di mana terdiri dari sekian banyak buruh dan kepentingan berbeda. Lain itu, dukungan KSPI merupakan bentuk ekspresi ketidakpuasan mereka terhadap Perpres Tenaga Kerja Asing (TKA) yang ditanda tangani Presiden Joko Widodo (Jokowi).

“KSPI melihat Prabowo sebagai capres yang berada di oposisi dan dianggap bisa diharapkan untuk mengatasi permasalahan buruh,” kata Adi Prayitno saat dikonfirmasi media, Rabu 2 Mei 2018.

Lebih lanjut, ditegaskan Adi Prayitno, dukungan KSPI dianggap sebagai tindakan masuk akal. Lantaran, sejauh ini, belum ada alternatif dukungan atau calon presiden 9capres) yang dapat menyuarakan suara buruh selain Prabowo Subianto.

Namun, dukungan ini baru bermakna bagi Prabowo Subianto jika dirinya mampu mengkapitalisasi tingkat ketidakpuasan buruh yang tidak bisa dilakukan oleh Joko Widodo (Jokowi).

Sementara, KSPI atas dukungannya meminta kepada Prabowo Subianto apabila terpilih sebagai presiden di 2019 mengangkat Presiden KSPI Said Iqbal sebagai menteri tenaga kerja (menaker). Karena itu, dirinya melihat permintaan ini sebagai ekspektasi yang tinggi dan jauh.

“Harusnya, KSPI berdiri tegak dan istiqamah dalam komitmen mereka, yakni memperbaiki kesejahteraan buruh terlebih dahulu,” tegas Adi Prayitno.

Selanjutnya, Adi Prsayitno juga menjelaskan, jika KSPI terus memaksakan kehendak, tidak menutup kemungkinan citra buruk justru akan menempel. “Sebagai perkumpulan buruh, KSPI akan terkesan sebagai organisasi politik seperti partai politik,” jelas Adi Prayitno yang juga Direktur eksekutif Parameter Politik Indonesia itu.

loading...