Mahfud-MD-1
Mahfud MD. (foto: Tribunnews/Rina Ayu)

JAKARTA, harianpijar.com – Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Mahfud MD mengecam peristiwa gesekan massa yang terjadi di kawasan Car Free Day (CFD) belum lama ini. Dirinya menyebut pelaku gesekan massa tersebut tidak bermoral.

“Bayangkan kalau seorang perempuan, apakah Anda dengan anak lalu dipersekusi itu, itu sangat tidak bermoral apa pun alasannya. Ada yang bantah. Kalau di-framing kurang ajar. Itu kan gampang kalau mau dicari,” kata Mahfud MD dalam sebuah program acara yang dipandu oleh Najwa Shihab di stasiun televisi swasta , Rabu, 2 Mei 2018.

Kendati demikian, Mahfud MD tak mau berspekulasi apakah gesekan massa antara pengguna kaus #2019GantiPresiden dan #DiaSibukKerja merupakan rekayasa. Jika memang direkayasa, dirinya meminta sang aktor untuk ditangkap.

Framing atau tidak, itu sangat tidak bermoral. kalau framing, tangkap saja framer-nya,” tegas Mahfud MD.

Sebelumnya, ada video viral yang memperlihatkan warga berkaus #2019GantiPresiden dan orang-orang yang mengenakan kaus #DiaSibukKerja di CFD.

Kemudian, salah satu kelompok terlihat mengacungkan uang ke kelompok lain. Bahkan, uang juga diacungkan ke seorang ibu yang membawa serta anaknya yang masih bocah.

Pihak kepolisian menyatakan sudah mengawal warga berkaus #2019GantiPresiden dan #DiaSibukKerja yang berhadapan di CFD ini. Namun, masih ada peserta yang tertinggal rombongan. (nuch/det)