Sohibul-Iman
Presiden PKS Sohibul Iman. (foto: dok. PKS)

JAKARTA, harianpijar.com – Partai Keadilan Sejahtera (PKS) menyambut gembira pendeklarasian Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto sebagai calon presiden (capres) di Pilpres 2019.

Bahkan, menurut Presiden PKS Sohibul Iman, partainya telah menyodorkan sembilan nama kandidat kepada Prabowo Subianto untuk dipilih menjadi cawapres yang mendampingnya lima tahun kedepan.

“Pak Prabowo telah diamanahi oleh partainya maju menjadi capres. Karena kita berkoalisi, PKS sudah menyodorkan nama-nama yang bisa dipilih menjadi cawapres kepada Pak Prabowo,” kata Sohibul Iman di Jakarta, Sabtu, 14 April 2018.

Ditegaskan Sohibul Iman, usulan nama-nama tersebut memang menjadi salah satu syarat koalisi dari PKS. Karena itu, jika Partai Gerindra ingin berkoalisi dengan PKS pada Pemilu 2019 nanti, Prabowo Subianto mesti memilih satu dari sembilan nama yang disodorkan untuk dijadikan cawapresnya.

“Kami sudah sampaikan kepada Pak Prabowo. Kalau Gerindra ingin berkoalisi dengan PKS maka salah satunya Pak Prabowo harus memilih cawapres dari PKS,” ujar Sohibul Iman.

Adapun kesembilan nama kader PKS tersebut antara lain Ahmad Heryawan (Aher), Hidayat Nur Wahid, Anis Matta, Irwan Prayitno, Sohibul Iman, Salim Segaf Al Jufri, Tifatul Sembiring, Muzammil Yusuf, dan Mardani Ali Sera.

Sementara, sebagai capres Prabowo Subianto memiliki tugas untuk menemukan pasangan yang memiliki elektabilitas dan dukungan mesin politik tinggi. Namun, sejauh ini Prabowo Subianto sendiri maupun Partai Gerindra belum menunjuk secara pasti sosok yang akan mendampinginya di Pilpres 2019 mendatang. (rep)