Mardani-Ali-Sera
Mardani Ali Sera. (foto: Dok. PKS)

JAKARTA, harianpijar.com – Pernyataan politikus senior Amien Rais soal partai setan dan partai Allah menjadi kontroversi. Terkait hal itu, Partai Keadilan Sejahtera (PKS) meyakini Amien Rais memiliki alasan kuat telah melempar pernyataan tersebut.

“Pak Amien politisi senior pasti punya alasan dengan pernyataan itu,” ujar Ketua DPP PKS Mardani Ali Sera kepada awak media, Sabtu, 14 April 2018.

Mardani Ali Sera pun menegaskan soal sikap kritis partainya. Dirinya menyebut PKS akan akan berpolitik kritis yang santun dan lugas.

“PKS akan selalu berkomitmen untuk selalu berkhidmat bagi rakyat meneguhkan politik santun tapi lugas, kritis tapi juga adil,” kata Mardani Ali Sera.

Sebelumnya, saat memberi ceramah setelah mengikuti Gerakan Indonesia Salat Subuh berjemaah di Masjid Baiturrahim, Mampang Prapatan, Jakarta Selatan, pada Jumat, 13 April 2018, Ketua Penasihat Persaudaraan Alumni 212 Amien Rais berbicara soal partai setan dan partai Allah.

“Sekarang ini kita harus menggerakkan seluruh kekuatan bangsa ini untuk bergabung dan kekuatan dengan sebuah partai. Bukan hanya PAN, PKS, Gerindra, tapi kelompok yang membela agama Allah, yaitu hizbullah. Untuk melawan siapa? untuk melawan hizbusy syaithan,” kata Amien Rais seperti dikutip dari CNNIndonesia.

“Orang-orang yang anti-Tuhan itu otomatis bergabung dalam partai besar, yaitu partai setan. Ketahuilah, partai setan itu mesti dihuni oleh orang-orang yang rugi, rugi dunia rugi akhiratnya. Tapi di tempat lain, orang beriman bergabung di sebuah partai besar namanya hizbullah, partai Allah. Partai yang memenangkan perjuangan dan memetik kejayaan,” tambahnya.

Meski demikian, Amien Rais tak membeberkan partai apa saja yang menurutnya masuk kategori partai setan. Saat ditanya seusai acara, Amien Rais mengatakan yang dimaksudnya adalah cara berpikir, bukan partai dalam konteks politik praktis.

Menjadi Kontroversi

Sementara itu, pernyataan Amien Rais tersebut menjadi kontroversi. Sekjen Partai NasDem Johny G Plate merasa bingung dan sedih mendengar pernyataan Amien Rais.

Sedangkan Ketua DPP PDIP Hendrawan Supratikno mengaku kesulitan mengikuti loncatan pemikiran politikus senior PAN itu. Bahkan, Ketum PPP Muhammad Romahurmuziy (Romy) meminta Amien Rais tidak memancing polemik di tengah masyarakat.

Meluruskan pernyataan Amien Rais itu, anggota Dewan Kehormatan PAN Dradjad Wibowo mengatakan ada dasar kuat dalam konteks tauhid Islam sesuai Alquran, bukan dalam konteks partai politik.

Dradjad Wibowo, yang dikenal sebagai loyalis Amien Rais, meminta semua pihak untuk tidak terpancing kontroversi. (nuch/det)

BAGIKAN
BERITA PILIHAN SPONSOR