Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar (Cak Imin).

JAKARTA, harianpijar.com – Langkah Ketua Umum DPP Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar (Cak Imin) meresmikan posko pemenangan Jokowi – Muhaimin (Join) untuk Pilpres 2019, dinilai sebagai langkah yang sangat cerdas.

Menurut Pengamat Politik sekaligus Direktur Eksekutif Indonesia Political Review (IPR) Ujang Komarudin, Ketua umum PKB tersebut diyakini tengah memainkan langkah politik, menaikkan posisi tawar PKB.

“Saya kira saat ini momentum terbaik bagi Cak Imin untuk memunculkan dirinya. Ia memanfaatkan situasi yang ada dengan baik,” kata Ujang Komarudin, kepada media, Jumat 13 April 2018.

Lebih lanjut, ditegaskan Ujang Komarudin, sejumlah hasil analisa terkait politik di tanah air, bahwa sejak Pemilu 2014 lalu posisi tawar PKB di mata Joko Widodo (Jokowi) cukup tinggi.

“Coba perhatikan sejak pemilu lalu, Jokowi dan gerbongnya selalu merawat NU dan PKB. Makanya, tidak heran PKB atau NU memiliki banyak jatah menteri. Karena Jokowi sangat butuh dekat dengan NU,” tegas Ujang Komarudin yang juga pengajar di Universitas Al Azhar Indonesia ini.

Selanjutnya, Ujang Komarudin juga menjelaskan, sangat wajar pula jika mantan Wali Kota Surakarta tersebut mengistimewakan NU. Karena merupakan organisasi masyarakat yang terbesar di Indonesia.

“Secara historis kan PKB itu lahir dari rahim NU. Nah, dalam konteks itulah maka menjelang Pemilu 2019 dengan bargaining yang tinggi, dimanfaatkan oleh cak Imin,” jelas Ujang Komarudin.

Sementara, juga dikatakan Ujang Komarudin, langkah Muhaimin Iskandar (Cak Imin) secara politik dapat disebut tidak memberi pilihan yang banyak pada Joko Widodo (Jokowi).

Karena itu, menurut Ujang Komarudin, dengan meresmikan posko Join secara politik dia istilahnya, dalam tanda kutip, memaksa secara halus. Artinya, tidak memberikan pilihan kepada Joko Widodo (Jokowi).

“Cak Imin seolah-olah ingin mengatakan, ‘kalau mau didukung PKB dan NU, ya saya lah cawapresnya’. Nah ini yang dalam tanda kutip memaksa secara halus,” tandas Ujang Komarudin.

SUMBERJPNN
BAGIKAN
BERITA PILIHAN SPONSOR