Novel-Baswedan-1
Penyidik KPK Novel Baswedan tiba di gedung KPK, Jakarta, Kamis, 22 Februari 2018. (foto: Kompas/GARRY ANDREW LOTULUNG)

JAKARTA, harianpijar.com – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengatakan penyidik senior Novel Baswedan batal pulang ke Indonesia hari ini. Novel Baswedan baru saja menjalani pemeriksaan mata kirinya setelah dipasang artificial cornea.

“Novel belum jadi pulang ke Indonesia hari ini,” kata Juru Bicara KPK Febri Diansyah saat dikonfirmasi, Rabu, 4 April 2018.

Meskipun demikian, Febri Diansyah mengatakan mata kiri Novel Baswedan saat ini sudah bisa membaca huruf. Ini merupakan perkembangan yang positif jika dibandingkan dengan hasil pemeriksaan sebelumnya, yang menyatakan mata kiri Novel Baswedan baru bisa melihat jari tangan.

“Sudah diperiksa tadi. Selama vision test, mata kiri Novel sudah bisa membaca huruf-huruf di kertas putih yang dipegang dengan jarak sekitar 2 jengkal dari mata,” ujar Febri Diansyah.

Novel Baswedan baru saja menjalani operasi pemasangan artificial cornea di Singapura. Dirinya diperkirakan akan pulang hari ini ke Indonesia namun batal.

Keputusan pulang itu sebelumnya diberikan berdasarkan pertimbangan dokter terhadap hasil kontrol setelah operasi.

Seperti diketahui, mata Novel Baswedan mengalami kerusakan akibat paparan air keras. Novel Baswedan disiram air keras oleh orang tak dikenal pada 11 April 2017 lalu setelah pulang salat subuh di masjid dekat rumahnya. (nuch/det)