PDIP-Nasdem
Pertemuan PDIP dan Partai NasDem. (foto: Dok. Istimewa)

JAKARTA, harianpijar.com – Dua partai politik, PDIP dan Partai NasDem, melakukan pertemuan guna membahas dukungan terhadap Joko Widodo (Jokowi) sebagai capres di Pilpres 2019. Mereka sepakat mengawal pemerintahan hingga 2024 jika Jokowi kembali terpilih nantinya.

“PDI Perjuangan dan NasDem dikenal sebagai pionir di dalam memberikan dukungan ke Pak Jokowi. Kami terus bekerja sama untuk mengawal Pak Jokowi hingga tahun 2024 dengan cara memenangkan Pemilu Presiden tahun 2019,” ujar Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto melalui keterangan tertulisnya, Selasa, 3 April 2018.

Sementara, Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh dalam pertemuan itu mengatakan bahwa dirinya dan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri memiliki sejarah yang panjang. Menurutnya, melalui dukungan kepada Jokowi, dirinya dan Megawati ingin memperkuat hadirnya sistem presidensial yang efektif.

“Sejarah saya dengan Mbak Mega (Megawati Soekarnoputri) sangat panjang, dan kami memiliki komitmen yang sama untuk menjaga tegaknya Pancasila dan NKRI melalui dukungan kepada Presiden Jokowi untuk kami calonkan kembali secara bersama-sama. Kami terus perkuat hadirnya sistem presidensial yang efektif yang disertai agenda pemerintahan bersama dengan dilandasi suasana kebatinan yang sama,” kata Surya Paloh.

Dari pertemuan itu, PDIP dan partai NasDem sepakat untuk memperkuat pemerintahan saat ini. Bahkan, keduanya juga menyusun agenda bersama untuk memperkuat pemerintahan Jokowi-JK.

Selain dihadiri Hasto Kristiyanto dan Surya Paloh, pertemuan itu juga dihadiri oleh Sekjen Partai NasDem Johnny G Plate, Hayono Isman, Victor Laiskodat, dan Nining Indra Saleh. Sedangkan dari PDIP dihadiri Utut Adianto, Erico Sotarduga, Andreas Hugo Pareira, Nusyirwan, dan Arif Wibowo. (nuch/det)

loading...