Tito-Karnavian
Jenderal Tito Karnavian. (foto: SP/Joanito De Saojoao)

JAKARTA, harianpijar.com – Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Mahfud MD ikut mengusulkan agar Kapolri Jenderal Tito Karnavian menjadi calon wakil presiden (cawapres).

Menurut Mahfud MD, Jenderal Tito Karnavian mempunyai rekam jejak yang baik dan sejumlah prestasi untuk melangkah ke bursa capres maupun cawapres.

“Kalau boleh saya menilai, Pak Kapolri, Pak Tito ini salah satu yang bagus. Kalau saya sendiri, mantap itu Pak Tito, masih muda, orangnya lurus, cerdas, Pak Tito cocok dengan siapa saja (capresnya),” kata Mahfud MD di kampus Universitas Islam Indonesia (UII) Yogyakarta, Sabtu, 31 Maret 2018.

Selain itu, berdasarkan hasil dari sejumlah lembaga survei, nama Jenderal Tito Karnavian juga masuk ke dalam daftar tokoh yang ideal untuk menjadi cawapres.

Seperti hasil survei yang dirilis oleh lembaga survei Indo Barometer beberapa waktu lalu. Ada 15 nama cawapres dari hasil tersebut dan nama Jenderal Tito Karnavian ada di urutan ke-7 dengan suara 15 persen. Bahkan, nama Jenderal Tito Karnavian berada di atas Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar (Cak Imin) dengan elektabilitas 0,9 persen.

Indo Barometer juga mensimulasikan sejumlah nama untuk dipasangkan dengan Joko Widodo (Jokowi). Hasilnya, jika Jokowi berpasangan dengan Jenderal Tito Karnavian perolehan elektabilitasnya sebesar 37 persen.

Hasil tersebut berada di peringkat 4 jika Jokowi dipasangkan dengan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), Gatot Nurmantyo, dan Ridwan Kamil. (det)

BAGIKAN
BERITA PILIHAN SPONSOR