Kapolri Jenderal Tito Karnavian bersama pengurus dan anggota Dewan pres.

JAKARTA, harianpijar.com – Selain diingatkan untuk selalu berpegang pada kode etik jurnalistik dan UU Pers, peranan media massa saat ini sangat penting dalam menghadapi kontestasi pesta demokrasi.

Menurut Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri) Jenderal Tito Karnavian, diingkatkan media massa untuk tak menyiarkan berita yang berpotensi memecah belah masyarakat menjelang Pilkada serentak 2018. Bahkan, menurutnya peranan media massa sangat penting dalam kontestasi pesta demokrasi itu.

“Di tengah-tengah kontestasi politik saat ini, peran media sangat penting. Media bisa mendinginkan suasana dan bisa juga memanaskan suasana. Karena, baik media massa maupun media sosial, memiliki daya untuk membentuk opini publik,” kata Tito Karnavian saat meluncurkan Anugerah Jurnalistik Polri 2018 di Mabes Polri, Jakarta, Selasa 27 Maret 2018 baru lalu.

Lebih lanjut, ditegaskan Tito Karnavian, dirinya juga memahami industri media tengah mengalami perkembangan yang begitu pesat, sehingga semua berlomba-lomba untuk menjadi yang terdepan. Bahkan, dirinya juga mengingatkan kepada semua insan media untuk selalu berpegangan pada kode etik jurnalistik dan UU Pers.

“Dalam kebebasan pers ada kewajiban untuk tetap menjaga persatuan dan kesatuan bangsa serta kewajiban mengindahkan etika dan moral dalam menyampaikan berita. Untuk itu di tengah konstetasi politik ini kita mohon media memberitakan dengan tetap melihat dampak pemberitaan itu,” tegas Tito Karnavian.

Tito Karnavian juga mengajak media massa untuk menyebarkan kampanye positif dan berita-berita yang menyejukan. Bahkan, media massa diminta aktif berpartisipasi menciptakan suasana Pilkada yang damai dan demokratis.

“Saya yakin teman-teman media memiliki idealisme untuk mewujudkam Pilkada yang berlangsung aman, lancar, sehat, dan penuh dengan positive campaign bukan negative atau black campaign. Dengan begitu negara kita akan dianggap sudah dewasa dalam berdemokrasi,” ucap Tito Karnavian.

Sementara, menurut Ketua Dewan Pers Yosep Adi Prasetyo, dirinya mengapresiasi langkah Polri menggandeng media massa menyelenggarakan Pilkada damai dengan mengadakan lomba jurnalistik.

“Saya mewakili Dewan Pers sangat mengapresiasi penghargaan ini sebagai langkah strategis Polri untuk mengantisipasi iklim di 2018 dan 2019, yang kita khawatirkan menjadi lebih postif untuk demokrasi kita,” kata Yosep Adi Prasetyo. Selain itu, lomba jurnalistik yang digelar mengambil tema ‘Bersama Polri Wujudkan Pilkada Damai 2018’.

SUMBERMetro
BAGIKAN
BERITA PILIHAN SPONSOR