Hinca: Demokrat Instruksikan Kader Tidak Komentari Kabinet Jokowi-Ma’ruf Amin

Hinca-Panjaitan
Hinca Panjaitan. (foto: Monitor/Rangga)

harianpijar.com, JAKARTA – Sekretaris Jenderal (Sekjen) Partai Demokrat Hinca Panjaitan meminta para kader partai agar tidak mengeluarkan sikap dan pernyataan sendiri terkait susunan Kabinet Indonesia Maju yang dibentuk Presiden Joko Widodo (Jokowi).

“Berkaitan dengan posisi dan peran Partai Demokrat lima tahun ke depan, baik dalam kehidupan politik maupun pembangunan bangsa, diinstruksikan sekali lagi agar para kader partai tidak mengeluarkan sikap dan pernyataannya sendiri-sendiri,” kata Hinca Panjaitan dalam keterangan tertulisnya seperti dilansir CNN Indonesia, Rabu, 23 Oktober 2019.

Selain itu, Hinca Panjaitan menyampaikan ucapan terima kasih pada kader yang patuh dan disiplin tidak memberikan komentar terkait penyusunan kabinet Jokowi-Ma’ruf Amin, apalagi yang sifatnya negatif. Bahkan, Partai Demokrat tetap menghormati keputusan politik Jokowi yang tidak menyertakan partainya dalam jajaran pemerintah meski telah diajak berkomunikasi pasca-Pilpres 2019.

Namun, Hinca Panjaitan meyakini keputusan Jokowi untuk tidak mengajak Partai Demokrat bergabung ke kabinet memiliki niat dan tujuan baik.

Baca juga:   Gerindra Merapat ke Pemerintahan, Analis: Diprediksi NasDem Tetap Bertahan

“Partai Demokrat juga mengerti sepenuhnya bahwa penyusunan kabinet adalah hak dan kewenangan (prerogatif) presiden yang tidak dapat dipengaruhi oleh pihak mana pun,” ucapnya.

Selanjutnya, menurut Hinca Panjaitan, terkait posisi Partai Demokrat ke depan, akan disampaikan secara resmi oleh Ketua Umum Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) pada waktu yang belum ditentukan. Namun, prinsipnya, Partai Demokrat tetap ingin berkontribusi agar pemerintahan Jokowi-Ma’ruf Amin sukses.

Hinca Panjaitan juga menjamin Partai Demokrat akan serius memperjuangkan aspirasi rakyat agar memiliki masa depan yang lebih baik dan mendapat kesejahteraan, keadilan, kedamaian, dan kebebasan hakiki yang dijamin konstitusi.

“Berkaitan dengan isu politik fundamental saat ini seperti kehendak mengubah konstitusi (UUD 1945), menghidupkan kembali GBHN, dan isu politik lain yang bisa mengubah sistem politik, model demokrasi, dan tatanan kenegaraan, pada saatnya Ketum Demokrat juga akan menyampaikan sikap dan pandangan partai secara resmi,” ujar Hinca Panjaitan.

Baca juga:   Ace: Tidak Ada yang Seret Presiden Jokowi Dalam Perebutan Kursi Ketua Umum Golkar

Kemudian, Hinca Panjaitan juga menyampaikan ucapan selamat pada Presiden Jokowi dan Wakil Presiden KH Ma’ruf Amin dan para menteri yang tergabung dalam jajaran kabinet periode dua.

“Partai Demokrat mendoakan agar kabinet Presiden Jokowi sukses mengemban tugas sesuai harapan rakyat dan janji kampanye yang disampaikan dalam Pemilu 2019,” kata Hinca Panjaitan.

Seperti diberitakan, Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah melantik para menteri di Istana Negara, Jakarta, pada Rabu, 23 Oktober 2019 pagi. Sejumlah menteri pada periode pertama kembali terpilih dan ada pula beberapa nama baru termasuk rival Jokowi dalam Pilpres 2019, Prabowo Subianto.

Kendati demikian, tidak ada kader Partai Demokrat yang masuk dalam kabinet. Bahkan, sebelumnya Jokowi telah bertemu dengan SBY di Istana Negara beberapa waktu lalu. (elz/cnn)

SUMBERCNN Indonesia

TINGGALKAN KOMENTAR

Masukkan komentar Anda!
Masukkan nama Anda disini